HUBUNGAN PERKEMBANGAN EMOSIONAL ANAK DENGAN DURASI PENGGUNAAN GAWAI PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI KB GENERASI SUKSES MANDIRI KELURAHAN SAMPANGAN KECAMATAN GAJAHMUNGKUR KOTA SEMARANG

Amalia, Asnada Nurul (2025) HUBUNGAN PERKEMBANGAN EMOSIONAL ANAK DENGAN DURASI PENGGUNAAN GAWAI PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI KB GENERASI SUKSES MANDIRI KELURAHAN SAMPANGAN KECAMATAN GAJAHMUNGKUR KOTA SEMARANG. Sarjana thesis, Universitas Ivet.

[thumbnail of Berita Acara] Text (Berita Acara)
BA ASNADA NURUL AMALIA 2620110164.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of BAB 1 Dan 2] Text (BAB 1 Dan 2)
BAB 1-2.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
SKRIPSI REVISI_ASNADA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Salah satu aspek terpenting dalam perkembangan karakter dan keterampilan sosial anak seiring waktu adalah perkembangan emosional mereka. Namun, penggunaan gawai yang bermanfaat bagi anak seringkali dikaitkan dengan efek negatif lainnya terhadap perkembangan emosional mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan antara perkembangan emosional anak dengan durasi penggunaan gawai pada anak usia 3–4 tahun di KB Generasi Sukses Mandiri, Kelurahan Sampangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional. Data diperoleh melalui kuesioner skala Likert yang melibatkan 26 anak-anak dan orang dewasa sebagai responden. Analisis data dilakukan menggunakan perangkat lunak SPSS. Temuan penelitian ini menunjukkan adanya hubungan signifikan antara durasi penggunaan gawai dan perkembangan emosional anak (p < 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa durasi penggunaan gawai yang lebih lama umumnya berkaitan dengan tingkat perkembangan emosional yang lebih tinggi. Berdasarkan hasil penelitian, diharapkan para orang tua dapat lebih bijak dalam mengelola waktu penggunaan gawai pada anak-anak mereka. Selain itu, diperlukan peran aktif dari tenaga pendidik dalam memberikan edukasi mengenai dampak gawai terhadap perkembangan anak. Penelitian ini juga memberikan kontribusi dalam memperkaya literatur mengenai dampak teknologi terhadap perkembangan anak usia dini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: perkembangan emosional, durasi penggunaan gawai
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Wahyun Indriani
Date Deposited: 30 Jul 2025 01:37
Last Modified: 30 Jul 2025 01:37
URI: https://eprint.ivet.ac.id/id/eprint/81

Actions (login required)

View Item
View Item