PENINGKATAN KEMAMPUAN KREATIVITAS ANAK MELALUI KEGIATAN MENGHIAS MAKANAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK DHARMAWANITA 1 PADAS KEDUNGJATI GROBOGAN

Suprapti, Suprapti, (2025) PENINGKATAN KEMAMPUAN KREATIVITAS ANAK MELALUI KEGIATAN MENGHIAS MAKANAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK DHARMAWANITA 1 PADAS KEDUNGJATI GROBOGAN. Sarjana thesis, Universitas Ivet.

[thumbnail of BAB 1 Dan 2]
Preview
Text (BAB 1 Dan 2)
BAB 1-2.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Berita Acara]
Preview
Text (Berita Acara)
BA Suprapti 2623130175.pdf

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
SKRIPSI SUPRAPTI _26231310175pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Suprapti, NPM. 2623130175. Peningkatan Kemampuan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Menghias Makanan Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Dharmawanita 1 Padas Kedungjati Grobogan. Jurusan PG PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas IVET Semarang. 2024. 84 halaman. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan membuktikan cara peningkatan kreativitas anak kelompok B di TK Dharmawanita 1 Padas Kedungjati Grobogan melalui kegiatan menghias makanan. Jenis penelitian ini yakni Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua variabel yakni kreativitas dan kegiatan Menghias makanan. Penelitian ini mengacu pada model PTK Kurt Lewin yang meliputi empat tahap kegiatan yaitu: 1) Perencanaan, 2) Tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah anak TK Dharmawanita 1 Padas Kedungjati Grobogan dengan jumlah anak ada 17 anak yang terdiri dari 11 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan beberapa hal yakni berdasarkan hasil yang diperoleh pada siklus I dilakukan perbaikan tindakan, sehingga diperoleh hasil ada siklus II yang menunjukkan adanya peningkatan, sehingga dapat dikatakan bahwa dengan bermain menghias makanan dapat meningkatkan kreativitas anak di TK Dharmawanita 1 Padas Kedungjati Grobogan. Hal tersebut diperkuat berdasarkan hasil analisis data dimana, diperoleh bahwa pada prasiklus kreativitas anak kelompok B yaitu ada 5,9% anak yang masuk kategori BSB, sedangkan kategori BSH dan MB sebanyak masing-masing 17,6%, dan BB sebanyak 58,9%. Kemudian pada siklus I diperoleh data kreativitas anak kelompok B yaitu yaitu anak yang BSB sebanyak 29,4% (5 anak), BSH sebanyak 29,4% (5 anak), MB sebanyak 29,4% (5 anak), dan BB sebanyak 11,8% (2 anak). Selanjutnya, pada siklus II kreativitas anak kelompok B meningkat yaitu anak yang masuk kategori BSB sebanyak 76,4% (13 anak), BSH sebanyak 11,8% (2 anak), dan MB sebanyak 11,8% (2 anak). Pada akhir kegiatan ini diperoleh bahwa terdapat peningkatan yang sangat baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas, Menghias makanan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Wahyun Indriani
Date Deposited: 28 Jul 2025 06:30
Last Modified: 28 Jul 2025 06:30
URI: https://eprint.ivet.ac.id/id/eprint/79

Actions (login required)

View Item
View Item