AFRIYANI, IIS (2025) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI MELALUI PERMAINAN TEBAK GAMBARKU PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK DHARMA WANITA I KLUWAN. Sarjana thesis, Universitas Ivet.
BA Iis Afriyani 2623130182.pdf
Download (4MB) | Preview
BAB 1-2.pdf
Download (427kB) | Preview
![Skripsi [thumbnail of Skripsi]](https://eprint.ivet.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi IIS AFRIYANI_2623130182.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Abstract
IIS AFRIYANI NPM. 2623130182 “Peningkatan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Melalui Permainan Tebak Gambarku pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Dharma wanita I Kluwan”. S1 PG PAUD. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Ivet Semarang. 82 Halaman. Rumusan masalah yang akan dilakukan dalam penelitian ini adalah Bagaimana meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri menggunakan permainan Tebak Gambarku pada anak usiaL5-6 tahun di TKL Dharma wanita I Kluwan?. Tujuan dari penelitian ini tidak terlepas dari permasalahan yang ada yaitu Untuk meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri melalui permainan tebak gambarku pada anak usia 5-6 tahun di TK Dharma wanita I Kluwan. Penerapan melalui permainan tebak gambarku dapat meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak dibuktikan dengan hasil persentase rata-rata pada pra siklus dicapai 48%, pada siklus 1 diperoleh 75% dan pada siklus 2 diperoleh 87%. Dengan demikian telah melampaui indikator keberhasilan yang telah ditentukan. Hasil penelitian diperoleh data prosentase hasil pengamatan Pada pra siklus, siklus 1 dan siklus 2 bahwa pada pra siklus 48% kategori kurang dan pada siklus 1 kemampuan mengenal bentuk geometri dari 20 anak terdapat 15 anak 75% kategori baik. Menyebutkan contoh benda yang sama dengan bentuk geometri dari 20 anak 15 tuntas sebesar 75% kategori baik. Dan mengklasifikasikan bentuk geometri dari 20 anak terdapat 15 anak tuntas sebesar 75% kategori baik. Pada hasil siklus 2 bahwa dari 20 anak dalam kemampuan mengenal bentuk geometri terdapat 17 anak tuntas sebesar 85% kategori sangat baik. Menunjukkan contoh benda yang sama dengan bentuk geometri dari 20 anak terdapat 18 anak tuntas sebesar 90% kategori sangat baik. Dan mengklasifikasi bentuk geometri dari 20 anak terdapat 17 anak yang tuntas sebesar 80% kategori sangat baik. Dengan demikian dapat diketahui sejauh mana peningkatan kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak yang telah dicapai setelah distimulasi dengan permainan tebak gambarku.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan mengenal geometri anak, permainan tebak gambarku |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Wahyun Indriani |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 05:31 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 05:31 |
URI: | https://eprint.ivet.ac.id/id/eprint/76 |