Afifah, : Rima (2025) EFEKTIVITAS METODE BERMAIN PERAN “DORA” DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL PADA ANAK UMUR 5-6 TAHUN DI RA AL BIDAYAH BANDUNGAN. Sarjana thesis, Universitas Ivet.
BA RIMA AFIFAH 2620210772.pdf
Download (4MB) | Preview
BAB 1-2.pdf
Download (3MB) | Preview
![Skripsi [thumbnail of Skripsi]](https://eprint.ivet.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
RIMA_AFIFAH.pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas metode bermain peran “DORA” dalam meningkatkan keterampilan sosial anak usia 5-6 tahun, dengan pendekatan skenario rumah sakit. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang masing-masing terdiri dari beberapa pertemuan. Setiap siklus mencakup perencanaan tindakan, pelaksanaan, dan evaluasi hasil yang dilakukan melalui observasi terhadap keterampilan sosial anak, termasuk kemampuan berkomunikasi, empati, kepercayaan diri, kerjasama tim, dan interaksi sosial positif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam keterampilan sosial anak setelah melalui dua siklus. Pada siklus pertama, sebagian besar anak menunjukkan perkembangan di hampir semua indikator, meskipun masih ada beberapa yang membutuhkan perhatian lebih. Pada siklus kedua, mayoritas anak mencapai tingkat keterampilan sosial yang lebih tinggi, dengan lebih dari 80% anak menunjukkan kemampuan yang baik. Survei pasca siklus mengonfirmasi bahwa metode bermain peran DORA efektif dalam meningkatkan keterampilan sosial anak-anak, meskipun beberapa aspek perlu perbaikan untuk hasil yang lebih optimal
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Bermain Peran, DORA, Keterampilan Sosial, Anak Usia Dini, Peningkatan Keterampilan Sosial, Pendidikan Anak. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Wahyun Indriani |
Date Deposited: | 25 Jul 2025 04:21 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 04:21 |
URI: | https://eprint.ivet.ac.id/id/eprint/46 |