Maulana, Muhammad Asif (2025) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL TEKNIK ROLE PLAYING DENGAN MEDIA FILM TERHADAP INTOLERANSI SISWA SMP KESATRIAN 2 SEMARANG. Sarjana thesis, Universitas Ivet.
BERITA ACARA.pdf
Download (3MB) | Preview
BAB I DAN II.pdf
Download (4MB) | Preview
![Skripsi [thumbnail of Skripsi]](https://eprint.ivet.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI ASIF MAULANA 2025 INTOLERANSI.pdf
Restricted to Registered users only
Download (5MB)
Abstract
Muhammad Asif Maulana (2025). Pengaruh Layanan Bimbingan Klasikal Dengan Teknik Role Playing Dengan Media Film Terhadap Intoleransi Siswa SMP Kesatrian 2 Semarang. Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Ivet. 2025. 62 halaman.
Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan pengaruh layanan bimbingan klasikal dengan teknik role playing dengan media film terhadap intoleransi siswa SMP Kesatrian 2 Semarang; (2) Mendeskripsikan perbedaan intoleransi siswa antara dengan menggunakan layanan bimbingan klasikal dengan teknik role playing dan media film dengan layanan bimbingan klasikal tanpa teknik role playing dan media film.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen. Yaitu dengan menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi berjumlah 87. Dalam menentukan sampel penelitian ini menggunakan sampling kouta, yaitu teknik untuk menentukan sampel dari populasi yang mempunyai ciri-ciri tertentu sampai jumlah yang diinginkan peneliti. Pada penelitian ini peneliti mengambil sampel siswa kelas VIII A berjumlah 18 orang dan IX A yang berjumlah 26 orang. Data diperoleh dengan angket atau kuesioner. Analisis data yang digunakan analisis uji t-test.
Hasil penelitian ini adalah (1) Layanan bimbingan klasikal berpengaruh dalam menurunkan intoleransi dengan meningkatnya toleransi siswa SMP Kesatrian 2 Semarang, terbukti pada pair 1 nilai mean pada posttest kelas eksperimen yaitu 67,50 lebih besar dari nilai pretest kelas eksperimen yaitu 62,35. Sedangkan pada pair 2 nilai mean pada posttest kontrol yaitu 62,56 lebih besar dari nilai pretest kelas kontrol yaitu 57,22; (2) Layanan bimbingan klasikal menggunakan teknik role playing dengan media film berpengaruh dibanding layanan bimbingan klasikal tanpa teknik role playing dan media film, terbukti pada pengujian t-test jumlah mean posttest kelas eksperimen (67,50) lebih dari posttest kelas kontrol (62,56).
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Layanan bimbingan klasikal, Teknik Role Playing, Media Film, Intoleransi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling |
Depositing User: | Wahyun Indriani |
Date Deposited: | 24 Jul 2025 01:34 |
Last Modified: | 24 Jul 2025 01:34 |
URI: | https://eprint.ivet.ac.id/id/eprint/37 |