Idayah,, Ita (2025) PENINGKATANMOTORIKHALUSKOORDINASITANGANDANMATA MELALUI METODE BERMAIN BANGUNGEOMETRIBALOK KAYUPADAANAKUSIA4-5TAHUNDIPOSPAUDMELATI KANDEMANKABUPATENBATANG. Sarjana thesis, Universitas Ivet.
![BAB 1 Dan 2 [thumbnail of BAB 1 Dan 2]](https://eprint.ivet.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 1-2.pdf
Download (240kB)
![Berita Acara [thumbnail of Berita Acara]](https://eprint.ivet.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BA. ITA IDAYAH 2623130050.pdf
Download (4MB)
![Skripsi [thumbnail of Skripsi]](https://eprint.ivet.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI ITA IDAYAH NPM 2623130050 fix.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract
Ita Idayah, 2623130050, “Peningkatan Motorik Halus Koordinasi Tangan dan Mata melalui Metode Bermain Bangun Geometri Balok Kayu pada Anak Usia 4-5 Tahun di Pos PAUD Melati Kandeman Kabupaten Batang”, Skripsi, Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ivet, 2025, 66 halaman. Latar belakang penelitian adalah masih ada beberapa peserta didik usia 4-5 di Pos PAUD Melati Kandeman yang motorik halus khususnya koordinasi tangan dan mata belum dikembangkan secara maksimal, sehingga peneliti bekerjasama dengan teman sejawat melakukan tindakan kelas melalui metode bermain bangun geometri balok kayu dengan harapan motorik halus koordinasi tangan dan mata anak dapat mengalami peningkatan. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis metode bermain bangun geometri balok kayu dalam meningkatkan motorik halus koordinasi tangan dan mata pada anak usia 4-5 tahun di Pos PAUD Melati Kandeman Kabupaten Batang. Penelitian dilakukan melalui 2 (dua) siklus, setiap siklus terdiri 2 (dua) pertemuan dengan tahapan: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik usia 4-5 tahun di Pos PAUD Melati Kandeman yang berjumlah 18 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase. Simpulan hasil penelitian adalah; kegiatan bermain bangun geometri balok kayu efektif dapat meningkatkan keaktifan anak, sehingga dapat meningkatkan kemampuan motorik halus koordinasi tangan dan mata pada anak, hal ini didukung perolehan skor akhir siklus II setelah dicari nilai rata-ratanya diperoleh sebesar 16 atau 88,89% termasuk kriteria berkembang sangat baik, sedang indikator keberhasilan ditetapkan sebesar 75% untuk perolehan skor secara individu dan klasikal, maka dapat dibuat persamaan matematika: 75% < 88,89%, maka hipotesis tindakan: ”Melalui penerapan metode bermain bangun geometri balok kayu dapat meningkatkan motorik halus koordinasi tangan dan mata pada anak usia 4-5 tahun di Pos PAUD Melati Kandeman Kabupaten Batang” dinyatakan diterima atau terbukti.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | koordinasi tangan dan mata, bangun geometri. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Wahyun Indriani |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 04:20 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 04:20 |
URI: | https://eprint.ivet.ac.id/id/eprint/148 |