MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MEMBILANG MELALUI METODE BERMAIN BALOK ANGKA PADA ANAK USIA 4 - 5 TAHUN DI TK KASIH IBU WONOSEGORO

Sabtiyaningrum, Kiki (2025) MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MEMBILANG MELALUI METODE BERMAIN BALOK ANGKA PADA ANAK USIA 4 - 5 TAHUN DI TK KASIH IBU WONOSEGORO. Sarjana thesis, Universitas Ivet.

[thumbnail of BAB 1 Dan 2] Text (BAB 1 Dan 2)
BAB 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Berita Acara] Text (Berita Acara)
BA Kiki Sabtiyaningrum 2621110206.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
SKRIPSI KIKI SABTIYANINGRUM_2621110206.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Kiki Sabtiyaningrum (2025). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Membilang Melalui Metode Bermain Balok Angka Pada Anak Usia 4 - 5 Tahun di TK Kasih Ibu Wonosegoro PG-PAUD Fakultas Pendidikan.Universitas Ivet Semarang, 67 Halaman. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif membilang pada anak usia 4-5 tahun di TK Kasih Ibu Wonosegoro melalui metode bermain balok angka. Penelitian menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus, masing-masing mencakup tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 12 anak yang dipilih berdasarkan hasil kemampuan kognitif awal. Metode bermain balok angka dipilih untuk memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan, konkret, dan interaktif, sesuai dengan tahap perkembangan anak usia dini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap pra-siklus, sebagian besar anak berada pada kategori Belum Berkembang (BB) dan Mulai Berkembang (MB), 17 % anak mencapai kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH) pada indikator mengenal angka. Setelah siklus 1, terjadi peningkatan pada beberapa indikator, dengan 25 % anak mencapai kategori BSH pada mengenal angka. Pada siklus 2, lebih dari 83 % anak berhasil mencapai kategori BSH dan Berkembang Sangat Baik (BSB) pada indikator mengenal dan membilang angka secara urut, mengurutkan angka, serta melengkapi angka secara acak. Kesimpulannya, metode bermain balok angka efektif dalam meningkatkan kemampuan kognitif membilang anak usia dini. Guru dan orang tua diharapkan dapat mengadopsi metode ini dalam kegiatan pembelajaran maupun aktivitas di rumah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: kemampuan kognitif, membilang, balok angka, anak usia dini, penelitian tindakan kelas
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Wahyun Indriani
Date Deposited: 31 Jul 2025 04:23
Last Modified: 31 Jul 2025 04:23
URI: https://eprint.ivet.ac.id/id/eprint/131

Actions (login required)

View Item
View Item