Nurjanah, Nurjanah (2025) PENINGKATAN KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF ANAK KELOMPOK A (USIA 4-5 TAHUN) MELALUI METODE STUDYREADING DENGAN MEDIA BUKU BERGAMBAR DI TK PERTIWI CIDUWET KABUPATEN BREBES. Diploma thesis, Universitas Ivet.
![Berita Acara [thumbnail of Berita Acara]](https://eprint.ivet.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BA. Nurjanah 2623130048 (1).pdf
Download (4MB)
![BAB 1 Dan 2 [thumbnail of BAB 1 Dan 2]](https://eprint.ivet.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 1-2.pdf
Download (524kB)
![Skripsi [thumbnail of Skripsi]](https://eprint.ivet.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Sekripsi Nurjanah 2623130048.pdf
Restricted to Registered users only
Download (9MB)
Abstract
Nurjanah, NPM 2623130048. Peningkatan Kemampuan Bahasa Ekspresi Anak Kelompok A (Usia 4-5 Tahun) Melalui Metode Study Reading dengan Media Buku Bergambar di TK Pertiwi Ciduwet Kabupaten Brebes. Jurusan PG PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas IVET 2025. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Peningkatan Kemampuan Bahasa Ekspresi Anak Kelompok A (Usia 4-5 Tahun) Melalui Metode Study Reading dengan Media Buku Bergambar di TK Pertiwi Ciduwet Kabupaten Brebes. Jenis penelitian ini yakni PenelitianTindakan Kelas (PTK) dengan dua variabel yakni mengenal konsep matematika permulaan dan permainan dakon. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini terdiri dari dua siklus yang mencakup beberapa tahapan yakni tahap perencanaan (planning), tindakan (acting), (observing) dan refleksi (reflecting). Subjek yang diteliti adalah peserta didik TK Pertiwi Ciduwet Kabupaten Brebes yang berjumlah 21 anak terdiri atas 10 anak laki-laki dan 11 anak perempuan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Kelompok A Melalui Metode StudyReading dengan media buku bergambar di TK Pertiwi Ciduwet Kabupaten Brebes meningkatkan. Hal tersebut berdasarkan hasil penelitian: pada siklus I kondisi kemampuan bahasa ekspresif anak yang meningkat 57,1% yang dalam kategori Berkembang sesuai Harapan (BSH) 33,3% dan kategoris Berkembang Sangat Baik sebesar (BSB) 23,8%. Pada siklus II meningkat yakni 90,5% dengan kategori anak Berkembang Sesuai Harapan (BSH) 28,6% dan kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) sebesar 61,9%. Data ini menunjukan bahwa penerapan metode study reading dengan media buku bergambardapat meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak. Berdasarkan hasil penelitian adapun saran bagi guru hendaknya memperhatikan pentingnya metode pembelajaran untuk membantu perkembangan penguasaan kemampuan bahasa ekspresif anak terutama pada anak-anak yang masih usia TK. Guru sebaiknya mencari dan menggunakan teknik baru yang lebih efektif dan produktif dalam setiap bentuk pembelajaran peserta didik usia Taman Kanak-kanak, serta mencari materi bercerita yang baru dan kemudian melatih anak didik untuk berbahasa (berbicara) degan baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bahasa Ekspresif ,Metode Study Reading, Media Buku Bergambar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Wahyun Indriani |
Date Deposited: | 30 Jul 2025 02:36 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 02:36 |
URI: | https://eprint.ivet.ac.id/id/eprint/87 |