PENINGKATAN KONSEP MATEMATIKA PERMULAAN MELALUI PERMAINAN BIJI-BIJIAN PADA ANAK KELOMPOK USIA 4-5 TAHUN DI KB HARAPAN BUNDA KABUPATEN BREBES

Nasirin, Nadiyah Nunut (2025) PENINGKATAN KONSEP MATEMATIKA PERMULAAN MELALUI PERMAINAN BIJI-BIJIAN PADA ANAK KELOMPOK USIA 4-5 TAHUN DI KB HARAPAN BUNDA KABUPATEN BREBES. Diploma thesis, Universitas Ivet.

[thumbnail of Berita Acara] Text (Berita Acara)
BA. Nadiyah Nunt Nasirin 2623130201 (1).pdf

Download (4MB)
[thumbnail of BAB 1 Dan 2] Text (BAB 1 Dan 2)
BAB 1-2.pdf

Download (447kB)
[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
Nadiyah Nunut Nasirin 2623130201.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Nadiyah Nunut Nasirin, NPM 2623130201. Peningkatan Konsep Matematika Permulaan Melalui Permainan Biji-Bijian pada Anak Kelompok Usia 4-5 tahun di KB Harapan Bunda Kabupaten Brebes. Jurusan PG PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas IVET 2025. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Peningkatan Konsep Matematika Permulaan Melalui Permainan Biji-Bijian pada Anak Kelompok Usia 4-5 tahun di KB Harapan Bunda Kabupaten Brebes. Jenis penelitian ini yakni PenelitianTindakan Kelas (PTK) dengan dua variabel yakni kemampuan matematika permulaan dan permainan biji-bijian. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini terdiri dari dua siklus yang mencakup beberapa tahapan yakni tahap perencanaan (planning), (observing) dan tindakan (acting), observasi refleksi (reflecting). Subjek yang diteliti adalah peserta didik KB Harapan Bunda Kabupaten Brebes yang berjumlah 20 anak terdiri atas 8 anak laki-laki dan 12 anak perempuan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa melalui permainan biji-bijian pada anak usia 4-5 tahun di KB Harapan Bunda Kabupaten Brebes terdapat peningkatan terbukti dari prasiklus diperoleh 20%, siklus I diperoleh 55% dan pada siklus II 90%. peningkatan kemampuan matematika permulaan dari pra siklus ke siklus II sebesar 70% hal tersebut didukung oleh kinerja guru di siklus I sebesar 70% dan siklus II sebesar 90%. Dengan demikian hipotesis tindakan menyatakan kemampuan kognitif konsep matematika permulaan dapat ditingkatkan melalui permainan biji-bijian pada anak usia 4-5 tahun di KB Harapan Bunda Kabupaten Brebes terbukti dapat diterima. Berdasarkan hasil penelitian penulis memnerikan saran kepada guru untuk meningkatkan kreativitas dalam penyediaan media dan metode pendidikan sehingga peserta didik dapat terstimulus secara optimal. Selain itu Sekolah dapat membantu mendukung kinerja guru dengan fasilitas alat dan bahan yang dibutuhkan pendidik untuk menunjang kegiatan pembelajaran khusunya oembelajaran matematika permula.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: matematika permulaan, permainan biji-bijian
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Wahyun Indriani
Date Deposited: 30 Jul 2025 01:57
Last Modified: 30 Jul 2025 01:57
URI: https://eprint.ivet.ac.id/id/eprint/83

Actions (login required)

View Item
View Item