PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF MENGENAL LAMBANG BILANGAN 1 SAMPAI 10 PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN MENGGUNAKAN PERMAINAN KANTONG UPIN IPIN DI TK DHARMAWANITA I TOKO KECAMATAN PENAWANGAN KABUPATEN GROBOGAN

ANGGRAENI, APRILIA (2025) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF MENGENAL LAMBANG BILANGAN 1 SAMPAI 10 PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN MENGGUNAKAN PERMAINAN KANTONG UPIN IPIN DI TK DHARMAWANITA I TOKO KECAMATAN PENAWANGAN KABUPATEN GROBOGAN. Sarjana thesis, Universitas Ivet.

[thumbnail of Berita Acara]
Preview
Text (Berita Acara)
BA Aprilia Anggraeni 2623130177.pdf

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1 Dan 2]
Preview
Text (BAB 1 Dan 2)
BAB 1-2.pdf

Download (220kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
SKRIPSI APRILIA ANGGRAENI 2623130177.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

APRILIA ANGGRAENI, NPM. 2623130177. “Peningkatan Kemampuan Kognitif Mengenal Bilangan 1 Sampai 10 Anak Usia 45 Tahun Dengan Media Kantong Upin Ipin Angka Di TK Dharmawanita I Toko Kecamatan Penawangan Kabupaten Grobogan”. Skripsi.S1 PG PAUD. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Ivet Semarang. 62 Halaman. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak Usia 4-5 Tahun dalam mengenal bilangan di TK Dharmawanita I Toko Kecamatan Penawangan Kabupaten Grobogan dengan media kantong upin ipin angka serta mengasah otak anak agar memiliki daya ingat yang tinggi. Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan secara kolaborasi antara guru dengan peneliti dengan menggunakan 2 siklus. Perbaikan dilakukan pada setiap siklus yang dirancang peneliti. Populasi dalam penelitian ini adalah anak TK Dharmawanita I Toko Kecamatan Penawangan Kabupaten Grobogan yang berjumlah 12 anak. Peneliti dibantu mitra guru sebagai kolabolator. Data diperoleh dengan observasi dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul akan dianalisis menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan persentase dan dihitung jumlah skor masing-masing dan didistribusikan ke dalam rentang nilai. Hasil penelitian menunjukkan pada pra siklus dicapai 33,33%, pada siklus 1 mengalami kenaikan sebesar 16,67 % sehingga menjadi 50% dan pada siklus 2 mengalami kenaikan sebesar 33,33% sehingga menjadi 83,33%. Didukung oleh kinerja guru yang meningkat pada siklus 1 diperoleh nilai 93% meningkat pada siklus 2 menjadi 99% Dengan demikian, kemampuan kognitif anak dalam mengenal bilangan telah mencapai indikator keberhasilan yaitu 83,33%. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa media kantong upin ipin angka dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak mengenal bilangan di TK Dharmawanita I Toko Kecamatan Penawangan Kabupaten Grobogan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: kemampuan kognitif, kantong upin ipin angka
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Wahyun Indriani
Date Deposited: 28 Jul 2025 06:38
Last Modified: 28 Jul 2025 06:38
URI: https://eprint.ivet.ac.id/id/eprint/80

Actions (login required)

View Item
View Item