ISTIKOMAH, NUR (2025) PENINGKATAN KEMAMPUAN PRA LITERASI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI RA AL WAHYUDIN DESA TUKO KECAMATAN PULOKULON KABUPATEN GROBOGAN. Sarjana thesis, Universitas Ivet.
BA Nur Istikomah 2623120188.pdf
Download (4MB) | Preview
BAB 1-2.pdf
Download (134kB) | Preview
SKRIPSI_NUR ISTIKOMAH-1.pdf
Download (1MB) | Preview
Abstract
NUR ISTIKOMAH, NPM. 2623120188. “Peningkatan Kemampuan Pra Literasi Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di RA Al Wahyudin Desa Tuko Kecamatan Pulokulon Kabupaten Grobogan.” S1 PG PAUD. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Ivet Semarang. 71 Halaman. Rumusan masalah yang dilakukan dalam penelitian ini adalah 1). Bagaimanakah pembelajaran kooperatif tipe scramble dapat meningkatkan kemampuan pra literasi pada anak usia 4-5 Tahun di RA Al Wahyudin Desa Tuko Kecamatan Pulokulon Kabupaten Grobogan? 2) Apakah implementasi pembelajaran kooperatif tipe scramble dapat meningkatkan kemampuan pra literasi pada anak usia 4-5 tahun di RA Al Wahyudin Desa Tuko Kecamatan Pulokulon Kabupaten Grobogan? 3) Seberapa besar perubahan perilaku anak yang tampak setelah menggunakan pembelajaran kooperatif tipe scramble pada anak usia 4-5 tahun di RA Al Wahyudin Desa Tuko Kecamatan Pulokulon Kabupaten Grobogan?. Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) Untuk mendiskripsikan upaya peningkatan kemampuan pra literasi pada anak usia 4-5 Tahun di RA Al Wahyudin Desa Tuko Kecamatan Pulokulon Kabupaten Grobogan dengan pembelajaran kooperatif tipe scramble. 2) Untuk mengkaji peningkatan kemampuan pra literasi melalui pembelajaran kooperatif tipe scramble pada anak usia 4-5 tahun di RA Al Wahyudin Desa Tuko Kecamatan Pulokulon Kabupaten Grobogan 3) Untuk mengetahui perubahan perilaku anak dalam implementasi pembelajaran kooperatif tipe scramble pada anak usia 4-5 tahun di RA Al Wahyudin Desa Tuko Kecamatan Pulokulon Kabupaten Grobogan Hasil penelitian peningkatan kemampuan kemampuan pra literasi pada penelitian tindakan kelas pada pra siklus, siklus 1 dan siklus 2 diperoleh data prosentase hasil pengamatan pra siklus, siklus 1 dan siklus 2, terdapat 3 aspek penilaian dengan hasil sebagai berikut : Hasil observasi pada siklus II bahwa dari 20 siswa dalam menemukan huruf vokal pada gambar terdapat 18 siswa atau 90% (berkembang sangat baik), menyebutkan huruf awal sesuai dengan gambar terdapat 18 siswa atau 90% (berkembang sangat baik) dan memasangkan huruf vokal dengan gambar terdapat 17 siswa atau 85% (berkembang sangat baik). Adapun pencapaian target yang ditetapkan dalam evaluasi hasil belajar ditetapkan ketuntasan minimal rata-rata 80%, dengan kata lain bahwa siswa dalam menguasai materi sudah dalam kategori berkembang sangat baik yaitu 88%. Hal ini berdasarkan dari pencapaian hasil pengamatan yang mengalami peningkatan dalam kemampuan pra literasi serta dari aspek penilaian yang dibuat. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif Tipe Scramble dapat meningkatkan kemampuan pra literasi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan pra literasi, pembelajaran kooperatif Tipe Scramble vii |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Wahyun Indriani |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 05:46 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 05:46 |
URI: | https://eprint.ivet.ac.id/id/eprint/77 |