Suryaningsih, Farida (2025) PENINGKATAN KEMAMPUAN BAHASA DENGAN TEBAK GAMBAR MELALUI PAPAN PINTAR ABJAD (PAPIJA) PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI KB HARAPAN SAMBIWAYANG 3 DESA KARANGSONO KECAMATAN KARANGRAYUNG KABUPATEN GROBOGAN. Sarjana thesis, Universitas Ivet.
BAB 1-2.pdf
Download (139kB) | Preview
BA Farida Suryaningsih 2623130181.pdf
Download (4MB) | Preview
![Skripsi [thumbnail of Skripsi]](https://eprint.ivet.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI_FARIDA.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Abstract
FARIDA SURYANINGSIH, NPM. 2623130181. “Peningkatan Kemampuan Bahasa Dengan Tebak Gambar Melalui Papan Pintar Abjad (Papija) Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di KB Harapan Sambiwayang 3 Desa Karangsono Kecamatan Karangrayung Kabupaten Grobogan.”.S1 PG PAUD. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Ivet Semarang. 90 Halaman. Rumusan masalah yang akan dilakukan dalam penelitian ini adalah Bagaimana Media Papan Pintar Abjad (Papija) dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Dengan Tebak Gambar Pada Anak Usia 4-5 Tahun di KB Harapan Sambiwayang 3 Desa Karangsono Kecamatan Karangrayung Kabupaten Grobogan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan bahasa anak dengan tebak gambar melalui Papan Pintar Abjad (Papija) pada anak usia 4-5 tahun di KB Harapan Sambiwayang 3 Desa Karangsono Kecamatan Karangrayung Kabupaten Grobogan. Berdasarkan hasil penelitian yang berkembang sangat baik dalam indikator mengungkapkan gambar yang sesuai dengan huruf di Papija sebesar 30%, berkembang sesuai harapan sebesar 60%, anak yang mulai berkembang sebesar 5%, dan anak yang belum berkembang sebesar 5% sehingga diperoleh ketuntasan sebesar 90% (sangat baik). Indikator mencocokkan nama gambar dengan huruf di Papija. siswa yang berkembang sangat baik sebesar 20%, berkembang sesuai harapan sebesar 65%, anak yang mulai berkembang sebesar 5%, dan anak yang belum berkembang sebesar 10% sehingga diperoleh ketuntasan sebesar 85% (baik). Indikator ketiga yaitu mengucapkan nama gambar di Papija sesuai dengan huruf awalnya berkembang sangat baik sebesar 30%, anak yang berkembang sesuai harapan sebesar 55%, anak yang mulai berkembang sebesar 5%, dan anak yang belum berkembang sebesar 5% sehingga diperoleh ketuntasan sebesar 85% (baik) Dengan demikian dapat diketahui sejauh mana peningkatan kemampuan bahasa anak dengan tebak gambar yang telah dicapai setelah distimulasi dengan Papan Pintar Abjad (Papija)
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bahasa anak dengan tebak gambar, Papan Pintar Abjad (Papija). |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Wahyun Indriani |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 03:43 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 03:43 |
URI: | https://eprint.ivet.ac.id/id/eprint/71 |