PENINGKATAN KEBERANIAN BERBICARA MELALUI VOICE GUESSING GAME PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK DESA BANGSRI KECAMATAN GEYER KABUPATEN GROBOGAN

Kusumaningrum, Dian Ayu (2025) PENINGKATAN KEBERANIAN BERBICARA MELALUI VOICE GUESSING GAME PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK DESA BANGSRI KECAMATAN GEYER KABUPATEN GROBOGAN. Sarjana thesis, Universitas Ivet.

[thumbnail of Berita Acara]
Preview
Text (Berita Acara)
BA Dian Ayu Kusumaningrum 2623130179.pdf

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1 Dan 2]
Preview
Text (BAB 1 Dan 2)
BAB 1-2.pdf

Download (209kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
SKRIPSI_DIAN AYU.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

DIAN AYU KUSUMANINGRUM, NPM. 2623130179. “Peningkatan Keberanian Berbicara Melalui Voice Guessing Game Pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Desa Bangsri Kecamatan Geyer Kabupaten Grobogan.”.S1 PG PAUD. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Ivet Semarang. 91 Halaman. Rumusan masalah yang akan dilakukan dalam penelitian ini adalah bagaimana peningkatan keberanian berbicara melalui Voice Guessing Game pada peserta didik usia 4-5 tahun di TK Desa Bangsri Kecamatan Geyer Kabupaten Grobogan. Tujuan dari penelitian ini tidak terlepas dari permasalahan yang ada yaitu untuk mengetahui bagaimana peningkatan keberanian berbicara anak pada usia 4-5 tahun melalui Voice Guessing Game di TK Desa Bangsri Kecamatan Geyer Kabupaten Grobogan Kabupaten Grobogan. Penerapan melalui Voice Guessing Game dapat meningkatkan keberanian berbicara pada anak dibuktikan dengan hasil prosentase rata-rata pada ketuntasan keberanian berbicara pada pra siklus adalah sebagai berikut: kategori Belum Berkembang (BB) sebanyak 10 anak atau sebesar 50 %, Mulai Berkembang (MB) sebanyak 4 anak atau sebesar 20 %, Berkembang Sesuai Harapan (BSH) sebanyak 5 anak atau sebesar 25 % dan sebanyak 1 anak atau sebesar 5 % yang berada pada kategori Berkembang Sangat Baik (BSB). Mencapai indikator keberhasilan siklus I berada pada kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) dan Berkembang Sesuai Harapan (BSH). Pada pertemuan pertama anak yang berada pada kemampuan Berkembang sangat Baik (BSB) sebesar 20 %, sedangkan pada kategori BSH sebesar 40% dan pada pertemuan kedua BSB sebesar 10% dan pada BSH sebesar 55%. Adapun ketercapaian indikator antara BSB dan BSH yaitu sebesar 66%. Mencapai indikator keberhasilan siklus II berada pada kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) dan Berkembang Sesuai Harapan (BSH). Pada pertemuan pertama anak yang berada pada kemampuan Berkembang sangat Baik (BSB) sebesar 25 %, sedangkan pada kategori BSH sebesar 55% dan pada pertemuan kedua BSB sebesar 30% dan pada BSH sebesar 60%. Berdasarkan hasil tersebut ketuntasan belajar anak sudah mencapai indikator keberhasilan 80% Dengan demikian dapat diketahui sejauh mana peningkatan keberanian berbicara pada anak yang telah dicapai setelah distimulasi dengan Voice Guessing Game.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan keberanian berbicara, Voice Guessing Game.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Wahyun Indriani
Date Deposited: 28 Jul 2025 03:07
Last Modified: 28 Jul 2025 03:07
URI: https://eprint.ivet.ac.id/id/eprint/66

Actions (login required)

View Item
View Item