PENINGKATAN KEMAMPUAN KEAKSARAAN MELALUI MEDIA KARTU BERGAMBAR PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN TK MTA WUKIRSAWIT KARANGANYAR

Sulami, Sulami (2025) PENINGKATAN KEMAMPUAN KEAKSARAAN MELALUI MEDIA KARTU BERGAMBAR PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN TK MTA WUKIRSAWIT KARANGANYAR. Sarjana thesis, Universitas Ivet.

[thumbnail of Berita Acara]
Preview
Text (Berita Acara)
BA Sulami 262313030002.pdf

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1 Dan 2]
Preview
Text (BAB 1 Dan 2)
BAB 1-2.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Skipsi] Text (Skipsi)
SKRIPSI SULAMI 2623130002.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Sulami. 2024 Peningkatan Kemampuan Keaksaraan Melalui Media Kartu Bergambar pada Anak Usia 5-6 Tahun TK MTA Wukirsawit Karanganyar.PG-PAUD. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Ivet. 2024. 110 halaman. Media kartu bergambar merupakan salah satu jenis media yang berisi gambar yang dibuat untuk menunjang pembelajaran siswa. Untuk meningkatkan minat, memudahkan anak dalam memahami konsep dan memecahkan masalah maka dalam permainan ini menggunakan media bergambar. Selain itu penggunaan media kartu bergambar juga memudahkan anak untuk memahami pelajaran yang diberikan oleh guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan keaksaraan pada anak di TK MTA Wukirsawit Karanganyar. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa media kartu bergambar dapat meningkatkan kemampuan keaksaraan anak, hal ini dapat dilihat dari setiap siklus nilai yang diperoleh selalu meningkat. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas atau PTK. Subjek dari penelitian ini adalah 14 siswa TK MTA Wukirsawit. Hasil penelitian ini menunjukan anak-anak yang menggunakan media kartu bergambar mengalami peningkatan yang lebih baik dalam kemampuan Bahasa. Hal ini menunjukan bahwa media kartu bergambar meningkatkan minat untuk belajar dan menigkatkan kemampuan keaksaraan. Hasil peningkatan kemampuan keaksaraan anak dari siklus I dan II yaitu 45%. Dimana pada siklus I dengan ketuntasan klasikal sebesar 45% dan dapat dikategorikan tidak tuntas karena belum memenuhi kriteria keberhasilan yaitu 65%, dan hasil kemampuan keaksaraan pada siklus II dengan indikator keberhasilan sebesar 65% dan dapat dikategorikan berhasil karena sudah memenuhi kriteria keberhasialan yaitu 65%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: keaksaraan, kartu bergamabar, anak usia dini
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Wahyun Indriani
Date Deposited: 28 Jul 2025 02:35
Last Modified: 28 Jul 2025 02:35
URI: https://eprint.ivet.ac.id/id/eprint/62

Actions (login required)

View Item
View Item