PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MENJEPIT KERTAS PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI AL FATH ISLAMIC KIDS SCHOOL SURAKARTA TAHUN AJARAN 2024/2025

Salsabila, Salwa Asysyifaa (2025) PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MENJEPIT KERTAS PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI AL FATH ISLAMIC KIDS SCHOOL SURAKARTA TAHUN AJARAN 2024/2025. Sarjana thesis, Universitas Ivet.

[thumbnail of Berita Acara]
Preview
Text (Berita Acara)
BA Salwa Asysyifaa Salsabila 2623130135.pdf

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1 Dan 2]
Preview
Text (BAB 1 Dan 2)
BAB 1-2.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
SKRPSI SALWA ASYSYIFAA SALSABILA 2623130135.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Salwa Asysyifaa Salsabila, 2024. Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Menjepit Kertas pada Anak Usia 3-4 Tahun di Al Fath Islamic Kids School Surakarta Tahun Ajaran 2024/2025, Skripsi : Program Studi Pendidikan Guru Anak Usia Dini, Univ.IVET Semarang. Permasalahan dalam penelitian ini adalah kemampuan motorik halus anak masih rendah karena kurangnya variasi dalam menstimulasi kemampuan motorik halus anak. Untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak peneliti melakukan kegiatan menjepit kertas dalam penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan motorik halus melalui kegiatan menjepit kertas pada anak usia 3-4 tahun di Al Fath Islamic Kids School. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan di Al Fath Islamic Kids School Surakarta. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan dan terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak usia 3-4 tahun yang berjumlah 12 anak di Al Fath Islamic Kids School Surakarta. Teknik pengumpula data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Prosedur tindakan kelas dilakukan dalam siklus tertentu, dalam setiap siklus terdapat perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran melalui kegiatan menjepit kertas dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia 3-4 tahun di Al Fath Islamic Kids School Surakarta, hasil yang selalu meningkat pada setiap siklusnya, baik dari Siklus I sampai Siklus II. Pada kondisi awal (Pra Siklus) capaian kemampuan motorik halus anak pada kategori Muncul hanya 2 anak atau 17%, kemudian pada Siklus I meningkat menjadi 5 anak atau 42% dan pada Siklus II meningkat menjadi 10 anak atau 83% dengan kriteria muncul. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kegiatan menjepit kertas dapat meningkatkan memampuan motorik halus anak usia 3-4 tahun di Al Fath Islamic Kids School Surakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Motorik Halus, Menjepit Kertas.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Wahyun Indriani
Date Deposited: 28 Jul 2025 02:19
Last Modified: 28 Jul 2025 02:19
URI: https://eprint.ivet.ac.id/id/eprint/60

Actions (login required)

View Item
View Item