Wuryanti, Wuryanti (2025) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA 1-10 MELALUI MEDIA LOOSE PARTS PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK MTA WUKIRSAWIT KABUPATEN KARANGANYAR. Sarjana thesis, Universitas Ivet.
BA Wuryanti 2623130274.pdf
Download (4MB) | Preview
BAB 1-2.pdf
Download (1MB) | Preview
![Skripsi [thumbnail of Skripsi]](https://eprint.ivet.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI WURYANTI 2623130274 FIX 2.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Abstract
Wuryanti 2024. Peningkatan Kemampuan Mengenal Angka 1-10 Melalui Media Loose Parts Pada Usia 4-5 Tahun Di TK MTA Wukirsawit Kabupaten Karanganyar. Semarang Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Ivet Semarang. Pembimbing 1 Dyah Kusbiantari Dan Pembimbing II Irna Anjarsari.
Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya kemampuan berhitung anak di TK MTA Wukirsawit Kabupaten Karanganyar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal angka anak melalui media Loose parts.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dimana setiap siklus dilaksanakan sebanyak dua kali pertemuan. Prosedur penelitian ini meliputi perencanaan pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A TK MTA Wukirsawit Kecamatan Jatiyoso Kabupaten Karanganyar dengan jumlah 11 anak yang terdiri dari anak laki-laki dan perempuan. Teknik pengumpulan data yaitu lembar observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan ialah deskriptif kualitatif.
Setiap siklus mengalami peningkatan, dari hasil penelitian menunjukkan bahwa siklus 1 dari 11 anak dalam meningkatkan kemampuan mengenal angka anak memperoleh nilai rata-rata anak berada pada kriteria Belum Muncul (BM), sedangkan pada siklus II rata-rata anak memperoleh kemampuan pada kriteria Muncul (M). berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan mengenal angka anak usia dini di TK MTA Wukirsawit Kabupaten Karanganyar melalui media Loose Parts mengalami peningkatan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Loose parts, Kognitif |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Wahyun Indriani |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 01:51 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 01:51 |
URI: | https://eprint.ivet.ac.id/id/eprint/57 |