PENINGKATAN MENGENAL SUKU KATA MELALUI PERMAINAN PETUALANGAN MAHARAJA DENGAN MEDIA KARTU BACA PADA ANAK KELOMPOK B TK KUSUMA INDONESIA KALORAN TEMANGGUNG

Vianabilah, Sintho (2025) PENINGKATAN MENGENAL SUKU KATA MELALUI PERMAINAN PETUALANGAN MAHARAJA DENGAN MEDIA KARTU BACA PADA ANAK KELOMPOK B TK KUSUMA INDONESIA KALORAN TEMANGGUNG. Sarjana thesis, Universitas Ivet.

[thumbnail of Berita Acara]
Preview
Text (Berita Acara)
BA SINTHO VIANABILAH 2623130137.pdf

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1 Dan 2]
Preview
Text (Bab 1 Dan 2)
BAB 1-2.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Skripsi]
Preview
Text (Skripsi)
Skripsi Sintho Vianabilah 2623130137.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Sintho Vianabilah. Peningkatan Mengenal Suku Kata Melalui Permainan Petualangan Maharaja Dengan Media Kartu Baca Pada Anak Kelompok B TK Kusuma Indonesia Kaloran Temanggung. Temanggung. PG PAUD. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Ivet. 2024. halaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan mengenal suku kata permulaan pada anak kelompok B di TK Kusuma Indonesia Kaloran Temanggung mendiskripsikan hasil kegiatan pembelajaran menggunakan media kartu baca dalam permainan petualangan maharaja untuk meningkatkan pengenalan suku kata permulaan Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Objek penelitian adalah anak usia 5-6 tahun di TK Kusuma Indonesia Kaloran Temanggung yang berjumlah 18 anak, terdiri dari 8 laki-laki dan 10 perempuan. Metode pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah diskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan permainan petualangan maharaja dapat meningkatkan kemampuan mengenal suku kata permulaan pada anak kelompok B di TK Kusuma Indonesia Kaloran. Penelitian dikatakan berhasil apabila jumlah rata-rata persentase kemampuan anak mengenal suku kata lebih dari 89%. Pada kegiatan pra siklus rata-rata persentase mencapai 34%, Siklus I sebesar 53,12%. Sehingga penelitian belum dikatakan berhasil dan peneliti melanjutkan penelitiannya pada siklus II. Sedangkan pada Siklus II hasil rata-rata persentase sebesar 76,4% sehingga penelitian siklus II belum dikatakan berhasil dan peneliti melanjutkan penelitiannya pada siklus III. Pada siklus III hasil rata-rata persentase mencapai 91,32% sehingga penelitian ini dikatakan berhasil dan peneliti menghentikan penelitiannya

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: suku kata, permainan petualangan maharaja, media kartu baca.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Wahyun Indriani
Date Deposited: 25 Jul 2025 06:03
Last Modified: 25 Jul 2025 06:03
URI: https://eprint.ivet.ac.id/id/eprint/54

Actions (login required)

View Item
View Item