STRATEGI MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI MEDIA “WAYANG KULIT” PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK KELUARGA LANJAN SUMOWONO

Afwarohmah, Zida Maulinda (2025) STRATEGI MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI MEDIA “WAYANG KULIT” PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK KELUARGA LANJAN SUMOWONO. Sarjana thesis, Universitas Ivet.

[thumbnail of Berita Acara]
Preview
Text (Berita Acara)
BA ZIDA MAULINDA AFWAROHMAH 2620210766.pdf

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1 Dan 2]
Preview
Text (Bab 1 Dan 2)
BAB 1-2.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
SKRIPSI_ZIDA_2620210766 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Zida Maulinda Afwarohmah NPM 2620210766 (2024). Strategi Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Media Wayang Kulit Pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Keluarga Lanjan Sumowono. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas IVET Semarang. 76 halaman. Berdasarkan latar belakang dan identifikasi masalah yang telah dikemukakan sebelumnya, maka permasalahan penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut : Apakah media wayang kulit dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak pada usia 4-5 tahun di TK Keluarga Lanjan Sumowono. Mengacu pada rumusan masalah di atas, tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan membuktikan bahwa bercerita menggunakan media wayang kulit dapat meningkatkan kemampuan berbicara pada anak usia 4-5 tahun di TK Keluarga Lanjan Sumowono. Selain tujuan yang ingin dicapai diharapkan penelitian ini juga memberikan manfaat, baik secara teoritis maupun praktis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Tindakan kelas (classroom action research). Azizah, A (2021) berpendapat, bahwa PTK yaitu penelitian yang dilakukan pada sebuah kelas oleh guru/peneliti untuk mengetahui akibat Tindakan yang diterapkan pada suatu obyek penelitian yang dilakukan Ketika sekelompok orang diidentifikasi permasalahannya, kemudian peneliti menetapkan suatu Tindakan untuk mengatasinya. Berdasarkan pendapat di atas, dapat dikatakan bahwa metode ini dilakukan sebagai upaya pemecahan masalah dan peningkatan mutu Pendidikan dan pembelajaran. Hasil penelitian ini adalah penilaian dari siklus I sampai siklus II diperoleh hasil nilai rata-rata pada siklus I adalah 46% dan nilai rata-rata pada siklus II adalah 86%. Kemudian dari hasil siklus I dan siklus II diperoleh nilai rata-rata kelas sebanyak 80% dengan predikat sudah muncul.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: kemampuan berbicara, wayang kulit, anak usia dini
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Wahyun Indriani
Date Deposited: 25 Jul 2025 04:31
Last Modified: 25 Jul 2025 04:31
URI: https://eprint.ivet.ac.id/id/eprint/47

Actions (login required)

View Item
View Item