Listiyanah, Listiyanah (2025) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK MEMBUAT KECAMBAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF ANAK USIA 4-5 TAHUN DI RA AL-BIDAYAH CANDI KECAMATAN BANDUNGANA. Sarjana thesis, Universitas Ivet.
BA LISTIYANAH 2620210773.pdf
Download (4MB) | Preview
BAB 1-2.pdf
Download (950kB) | Preview
![Skripsi [thumbnail of Skripsi]](https://eprint.ivet.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LISTIYANAH SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Abstract
Listiyanah2020210773.” Penerapan Metode Pembelajaran berbasis Proyek Mebuat kecambah Dalam Meningkatkan berpikir Kreatif Pada Anak Usia 4-5 Tahun di RA AL-BIDAYAH CANDI Kecamatan Bandungan” PG-PAUD. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Ivet. 2025.
Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang merupakan ragam penelitian pembelajaran yang berkonteks kelas yang dilaksanakan oleh guru untuk memecahkan masalah-masalah pembelajaran yang dihadapi oleh guru serta memperbaiki mutu dan hasil pembelajaran. Objek penelitian adalah 20 anak dengan 7 anak laki-laki dan 13 anak perempuan, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi, serta analisis data deskriptif kualitatif presentase. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di RA AL-BIDAYAH CANDI, dapat disimpulkan bahwa kemampuan mengenal sains pada anak usia 4-5 tahun pada awalnya masih rendah. anak (50%)berada pada kategori belum muncul, anak (50%) berada pada mulai muncul. Melalui dua siklus tindakan yang melibatkan metode pengenalan sains dasar mebuat kecambah mengalami peningkatan yang signifikandalam mengenal sains sepeti anak mengamati setiap hari ada perubahan dalam biji kacang hijau. Pada siklus 1, hasil menunjukan adanya peningkatan dengan 25% baerkembang sesuai harapan,50% mulai muncul,25% belum muncul. Pada siklus II hasil menunjukan peningkatan yang signifikan, dengan 75%anak berada dalam kriteria berkembang sesuai harapan,25 % mulai muncul.pasca siklus menunjukan yang signifikan, dengan hasil 86% kriteria berkembang sesuai harapan,14% mulai muncul. Hal ini menunjukan bahwa pengenalan sains dsar melalui proyek membuat kecambah efektif dalam meningkatkan sains pada anak usia 4-5tahun di RA ALBIDAYAH CANDI kecamatan bandungan kabupaten semarang.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan berpikir kreatif anak dalam eksperimen membuat kecambah di RA AL-BIDAYAH Candi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Wahyun Indriani |
Date Deposited: | 24 Jul 2025 04:53 |
Last Modified: | 24 Jul 2025 04:53 |
URI: | https://eprint.ivet.ac.id/id/eprint/43 |