PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN MELALUI MEDIA PERMAINAN UTARI ( ULAR TANGGA CERIA ) UNTUK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD MTA BENDUNGAN KECAMATAN SUKOHARJO KABUPATEN SUKOHARJO

ROCHANA, DWI (2025) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN MELALUI MEDIA PERMAINAN UTARI ( ULAR TANGGA CERIA ) UNTUK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD MTA BENDUNGAN KECAMATAN SUKOHARJO KABUPATEN SUKOHARJO. Sarjana thesis, Universitas Ivet.

[thumbnail of BAB 1 Dan 2] Text (BAB 1 Dan 2)
BAB 1-2.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Berita Acara] Text (Berita Acara)
BA DWI ROCHANA.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
SKRIPSI DWI ROCHANA 2623130265@.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

DWI ROCHANA, 2025. “Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Melalui Media Permainan UTARI (Ular Tangga Ceria) untuk usia 5-6 Tahun di PAUD MTA BENDUNGAN Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Sukoharjo”. Pogram Studi PG-PAUD. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Ivet. Tahun Akademik 2024/2025. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media permainan Utari (Ular Tangga Ceria) dapat meningkatkan kemampuan konsep bilangan pada anak usia 5 – 6 tahun di PAUD MTA BENDUNGAN Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Sukoharjo Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas atau PTK. Penelitian ini menggunakan 2 siklus. Pada setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan yang setiap pertemuannya terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah 12 anak usia 5 - 6 tahun di PAUD MTA BEDUNGAN Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Sukoharjo yang terdiri dari 6 peserta didik laki-laki dan 6 peserta didik perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa hasil observasi dari kegiatan menggunakan media permainan UTARI (Ular Tangga Ceria)dalam Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa hasil observasi dari permainan Utari (Ular Tangga Ceria) dalam pra siklus sebesar 25%, dan pada siklus I diperoleh rata-rata sebesar 37,5% itu artinya dari kegiatan pra siklus ke I mengalami peningkatan sebesar 12,5%. Dilanjut pada siklus II memperoleh hasil rata-rata 83,35% itu berarti dari tindakan siklus I ke siklus II hasil anak mengalami peningkatan sebesar 45,85%. Dengan hasil demikian maka dapat dikatakan bahwa hasil belajar anak untuk peningkatan kemampuan konsep bilangan melalui media permainan Utari (Ular Tangga Ceria) dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: konsep bilangan, media permainan, Utari (Ular Tangga Ceria)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Wahyun Indriani
Date Deposited: 06 Aug 2025 05:34
Last Modified: 06 Aug 2025 05:34
URI: https://eprint.ivet.ac.id/id/eprint/180

Actions (login required)

View Item
View Item