Ahyadiyah, Pandan Dwi (2025) PENINGKATAN KEMAMPUAN ANAK MEMAHAMI CERITA DENGAN MEDIA LCD PROYEKTOR DI KELOMPOK BERMAIN HJ. ISRIATI BAITURRAHMAN 2 SEMARANG TAHUN AJARAN 2024-2025. Sarjana thesis, Universitas Ivet.
![Skripsi [thumbnail of Skripsi]](https://eprint.ivet.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ALL PANDAN DWI AHYADIYAH SETELAH UJIAN demak2.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
![BAB 1 Dan 2 [thumbnail of BAB 1 Dan 2]](https://eprint.ivet.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 1-2.pdf
Download (1MB)
![Berita Acara [thumbnail of Berita Acara]](https://eprint.ivet.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BA Pandan Dwi Ahyadiyah 2623130224.pdf
Download (4MB)
Abstract
Pandan Dwi Ahyadiyah, NPM. 2623130224. Peningkatan Kemampuan Anak Memahami Cerita Dengan Media Lcd Proyektor Di Kelompok Bermain Hj. Isriati Baiturrahman 2 Semarang Tahun Ajaran 2024-2025. Jurusan PG PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas IVET Semarang 2025. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana Kemampuan Anak Memahami Cerita di KB Hj. Isriati Baiturrahman 2 Semarang (2) Bagaimana Penerapan Media LCD Proyektor Dalam Meningkatkan Kemampuan Anak Memahami Cerita di KB Hj. Isriati Baiturrahman 2 Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media LCD Proyektor untuk meningkatkan kemampuan anak memahami cerita di kelompok bermain di KB Hj. Isriati Baiturrahman 2 Semarang. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Dengan menggunakan teknik purposive sampling, dengan subjek penelitian yaitu kelompok bermain dengan jumlah peserta didik 16. Model yang digunakan pada penelitian ini yaitu siklus PTK dengan 2 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada setiap siklusnya. Penerapan media audio visual dalam meningkatkan kemampuan anak memahami cerita dapat dilihat pada kondisi awal atau pra siklus anak yang belum berkembang (BB) Sebanyak 7 anak kemudian 3 anak mulai berkembang (MB). Pada siklus I pertemuan 1, anak yang mengalami peningkatan sebanyak 5 anak dikategorikan belum berkembang (BB) dan 5 anak dikategorikan mulai berkembang (MB), pertemuan 2 sebanyak 9 anak dikategorikan mulai berkembang (MB) dan 1 anak dikategorikan berkembang sesuai harapan(BSH). Kemudian pada siklus II pertemuan 1 ada 6 anak dikategorikan mulai berkembang (MB) dan 4 anak dikategorikan berkembang sesuai harapan (BSH), kemudian dilihat dari hasil akhir pada siklus II pertemuan ke 2 ada 8 anak dikategorikan berkembang sesuai harapan (BSH) dan 2 anak dikategorikan berkembang sangat baik (BSB). Maka dapat disimpulkan melalui penerapan media audio visual dapat meningkatkan kemampuan anak memahami cerita di kelompok bermain KB Hj. Isriati Baiturrahman 2 Semarang.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Memahami Cerita, Media Audio Visual |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Wahyun Indriani |
Date Deposited: | 06 Aug 2025 04:57 |
Last Modified: | 06 Aug 2025 04:57 |
URI: | https://eprint.ivet.ac.id/id/eprint/174 |