Izza,, Yunika Nurul (2025) PENINGKATAN KESEIMBANGAN TUBUH MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL GOBAK SODOR PADA ANAK KELOMPOK B DI PAUD KURNIA BACEM BLORA. Sarjana thesis, Universitas Ivet.
![Berita Acara [thumbnail of Berita Acara]](https://eprint.ivet.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BA Yunika Nurul Izza 2622130167.pdf
Download (4MB)
![BAB 1 Dan 2 [thumbnail of BAB 1 Dan 2]](https://eprint.ivet.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 1-2.pdf
Download (2MB)
![Skripsi [thumbnail of Skripsi]](https://eprint.ivet.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI YUNIKA fix (1).pdf
Restricted to Registered users only
Download (5MB)
Abstract
Yunika Nurul Izza, 2024, Peningkatan Keseimbangan Melalui Permainan Tradisional Gobak Sodor Pada Anak Kelompok B Di PAUD Kurnia Bacem Blora. PG-PAUD Universitas Ivet Semarang. Pentingnya pengenalan permainan tradisional pada anak usia dini dan peningkatan kemampuan motorik kasar anak melalui permainan tradisional gobak sodor, juga sudah didukung oleh hasil dari berbagai penelitian terdahulu menunjukkan bahwa pentingnya bagi anak usia dini dalam pengenalan, pemanfaatan dan penggunaan permainan tradisional gobak sodor dalam upaya meningkatkan kemampuan motorik kasar anak usia 4-5 tahun. Oleh karena itu, tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan keseimbangan anak kelompok B PUAD Kurnia Bacem Blora. Menurut Ardiawan (2020) metode penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dalam bahasa Inggris dikenal dengan Classroom Action Research (CAR) yaitu suatu tindakan yang dilakukan untuk memperbaiki praktik pembelajaran guna meningkatkan mutu pembelajaran dan fokusnya pada sebuah kegiatan Penelitian Tindakan Kelas. PTK bertujuan untuk mencari solusi atau memecahkan masalah sekaligus mencari jawaban mengapa solusi tersebut efektif untuk memecahkan masalah melalui tindakan.Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa melalui bermain Gobak Sodor dapat meningkatkan keseimbangan anak Kelompok B PAUD Kurnia Bacem Blora. Hal ini dapat dilihat dengan adanya peningkatan persentase pada siklus II. Untuk keseimbangan saat pra tindakan dengan nilai ratarata persentase sebesar 57%, siklus I dengan nilai rata-rata persentase sebesar 65% dan meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata persentase sebesar 81%. Langkah-langkah mengembangkan keseimbangan melalui bermain Gobak Sodor pada proses pembelajaran yaitu berdiri dengan dua kaki tanpa jatuh saat bermain Gobak Sodor, berlari tanpa terjatuh pada saat Gobak Sodor, berjalan digaris tanpa jatuh pada saat Gobak Sodor, melompat melewati garis tanpa jatuh saat Gobak Sodor.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Gobak Sodor, Keseimbangan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Wahyun Indriani |
Date Deposited: | 06 Aug 2025 04:16 |
Last Modified: | 06 Aug 2025 04:16 |
URI: | https://eprint.ivet.ac.id/id/eprint/170 |