MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOSAKATA MELALUI KEGIATAN CERITA DENGAN MEDIA GERABAH PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI POS PAUD KANTIL XVII KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2024/2025

Shuniari, Made Ayu (2025) MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOSAKATA MELALUI KEGIATAN CERITA DENGAN MEDIA GERABAH PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI POS PAUD KANTIL XVII KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2024/2025. Sarjana thesis, Universitas Ivet.

[thumbnail of Berita Acara] Text (Berita Acara)
BA MADE AYU.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of BAB 1 Dan 2] Text (BAB 1 Dan 2)
BAB 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
SKRIPSI MADE AYU SHUNIARI 2623130066.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Made Ayu Shuniari (2025) Meningkatkan Kemampuan Kosakata Melalui Kegiatan Cerita Dengan Media Gerabah Di POS PAUD KANTIL XVII Sukoharjo Tahun Ajaran 2024/2025. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan kegiatan cerita dapat meningkatkan kemampuan kosakata anak, upaya apa yang dilakukan peneliti dalam meningkatkan kosakata anak dengan kegiatan cerita di POS PAUD KANTIL XVII. Penelitian ini dilaksanakan di POS PAUD KANTIL XVII Sukoharjo. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK dilaksanakan sebagai upaya untuk mengatasi permasalahan yang muncul didalam kelas. Metode ini dilakukan dengan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Keempat tahap tersebut merupakan bagian dari siklus yang dilakukan secara berulang dan memiliki langkah yang sama dan difokuskan sebagai pengembangan kemampuan kosakata anak dengan kegiatan cerita dan menggunakan berbagai media pembelajaran. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Observasi atau penelitian langsung didalam kelas. Sampel yang digunakan adalah siswa kelompok bermain Bulan dengan jumlah 17 siswa pada usia 3-4 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan kosakata anak melalui kegiatan cerita mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut dapat dilihat melalui siklus yang telah dilakukan. Pada pra tindakan sebesar 45,58%, pada siklus I mengalami peningkatan hingga mencapai 67,65% berada dalam kategori cukup, namun belum mencapai standar yang digunakan. Maka dilakukan siklus II, dan mengalami peningkatan mencapai 85,29% dan berada dalam kategori Baik. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan dalam penggunaan kegiatan cerita untuk meningkatkan kosakata anak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kosakata, Kegiatan Cerita, Gerabah
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Wahyun Indriani
Date Deposited: 06 Aug 2025 02:59
Last Modified: 06 Aug 2025 03:05
URI: https://eprint.ivet.ac.id/id/eprint/163

Actions (login required)

View Item
View Item