PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI MEDIABUSY BOOKPADA ANAK TK KELOMPOK B TAHUN AJARAN 2024/2025 DI TK MTA BULU KECAMATAN BULU KABUPATEN SUKOHARJO

Haq, Istithoah (2025) PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI MEDIABUSY BOOKPADA ANAK TK KELOMPOK B TAHUN AJARAN 2024/2025 DI TK MTA BULU KECAMATAN BULU KABUPATEN SUKOHARJO. Sarjana thesis, Universitas Ivet.

[thumbnail of Berita Acara] Text (Berita Acara)
BA ISTITHOAH.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of BAB 1 Dan 2] Text (BAB 1 Dan 2)
BAB 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
Skripsi 1-3 _Istithoah Haq.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Istithoah Haq, 2025. PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI MEDIA BUSY BOOK PADA ANAK TK KELOMPOK B TAHUN AJARAN 2024/2025 DI TK MTA BULU KECAMATAN BULU KABUPATEN SUKOHARJO. Skripsi: Program Studi Pendidikan Guru Anak Usia Dini, Universitas Ivet Semarang. Permasalahan dalam penelitian ini adalah kemampuan motorik halus anak masih belum optimal karena media yang digunakan kurang sesuai. Untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak peneliti menggunakan media busy book dalam penelitiannya. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok B di TK MTA Bulu melalui media busy book. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan di TK MTA Bulu. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan dan terdiri dari 4 tahap, perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak kelompok B di TK MTA Bulu yang terdiri dari 17 anak. Objek penelitian adalah kemampuan motorik halus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media busy book dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak TK B di TK MTA Bulu. Hal ini dapat dilihat dari kondisi awal di mana anak yang memiliki kemampuan motorik halus memenuhi standar (SM dan K) sebesar 45,58% kemudian mengalami peningkatan pada siklus I menjadi 67,65% anak yang memenuhi standar (SM dan K) tetapi masih perlu adanya siklus II untuk bisa mencapai kategori memenuhi standar dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 85,29% atau 14 dari 17 anak yang memenuhi standar (SM dan K). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media busy book dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak TK kelompok B di TK MTA Bulu tahun ajaran 2024/2025.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Motorik Halus, Busy Book.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Wahyun Indriani
Date Deposited: 06 Aug 2025 02:24
Last Modified: 06 Aug 2025 02:24
URI: https://eprint.ivet.ac.id/id/eprint/161

Actions (login required)

View Item
View Item