PENERAPAN KEGIATAN FINGER PAINTING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DALAM SENI LUKIS PADA ANAK KELAS B DI TKIT MTA DELANGGU I KLATEN

Surani, Surani (2025) PENERAPAN KEGIATAN FINGER PAINTING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DALAM SENI LUKIS PADA ANAK KELAS B DI TKIT MTA DELANGGU I KLATEN. Sarjana thesis, Universitas Ivet.

[thumbnail of Berita Acara] Text (Berita Acara)
BA SURANI.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of BAB 1 Dan 2] Text (BAB 1 Dan 2)
BAB 1-2.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
SKRIPSI SURANI 2623130264 sukoharjo.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Surani, Penerapan Kegiatan Finger Painting Untuk Meningkatkan Kreativitas Dalam Sini Lukis Pada Anak Kelas B di TKIT MTA Delanggu I Klaten, Semarang, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Ivet , 2025, 144 halaman. Penelitian ini bertjuan untuk mengetahui (1) Bagaimana Upaya dalam meningkatkan kreativitas anak anak kelas B di TKIT MTA Delanggu I Klaten.(2) Apakah penerapan kegiatan finger painting bisa untuk meningkatkan kreativitas anak dalam seni lukis. (3) Apakah Kegiatan Finger Painting Merupakan kegiatan yang efektif dalam meningkatkan kreativitas anak dalam seni lukis. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa : Pada pra tindakan dalam indikator kreativitas mempunyai ide gambar belum ada anak yang hasil gambarnya termasuk dalam kategori penilaian konsisten namun pada Siklus I ada sebanyak 10 % dan pada Siklus II anak yang sudah dalam kategori penilaian konsisten dalam ide gambar ada sebanyak 70 %, Dalam indikator kreativitas mempunyai ide warna pada pra siklus sebanyak 0% namunn pada siklus I meningkat menjadi 10 % dan pada siklus II meningkat lagi sebnayak 70%. Dalam indikator kreativitas pencampuran warna pada pra siklus didapatkan hasil anak yang konsisten dalam kategori ini sebanyak 0% , artinya tidak ada anak yang kratif dalam pencampuran warna, semua anak masih perlunbantuan guru dalam mencampur warna dan pada siklus 1 hasilnya anak yangb sudah konsisten sebanyak 20 % dan pada siklus II sebanyak 80%. Dalam indikator modifikasi dan pengembangan gambar didapatkan hasil pada pra siklus tidak ada anak yang sudah konsisten dalam indikator ini , namun pada siklus I didapatkan hasil anak yang sudah konsisten sebanyak 20% dan pada siklus II sebanyak 60 %. Pada indikator membuat karya dengan ide sendiri pada pra siklus, anak yang sudh konsisten sebanyak 0% namun pada siklus I diperoleh hasil 20% dan pada siklus II didapatkan hasil anak yang sudah konsisten sebanyak 60%..Hal tersebut disebabkan oleh adanya tindakan guru dalam memodifikasi metode pembelajran dan pemberian reward kepada anak – anak. Dengan adanya hasil penelitian tersebut maka terbukti bahwa penerapan kegiatan finger painting kreativitas anak dalam seni lukis. Kegiatan finger painting merupakan salah satu kegiatan yang efektif meningkatkan kreativitas anak dalam seni lukis.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Finger painting, Kreativitas dan Seni Lukis.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Wahyun Indriani
Date Deposited: 04 Aug 2025 06:37
Last Modified: 04 Aug 2025 06:37
URI: https://eprint.ivet.ac.id/id/eprint/157

Actions (login required)

View Item
View Item