Tetik., Marciana Emitriana Luruk (2025) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK KELOMPOK A MELALUI METODE CERITA BERGAMBAR DI KB AGURIHO. Sarjana thesis, Universitas Ivet.
![Berita Acara [thumbnail of Berita Acara]](https://eprint.ivet.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BA MARCIANA EMITRIANA LURUK TETIK 2623130263.pdf
Download (3MB)
![BAB 1 Dan 2 [thumbnail of BAB 1 Dan 2]](https://eprint.ivet.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 1-2.pdf
Download (5MB)
![Skripsi [thumbnail of Skripsi]](https://eprint.ivet.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI_MARCIANA EMITRINA LURUK TETIK.pdf
Restricted to Registered users only
Download (6MB)
Abstract
Marciana Emitriana Luruk Tetik. Peningkatan Kemampuan Berbahasa Anak Kelompok A Melalui Metode Cerita Bergambar Di Kelompok A di KB Aguriho Semarang. PG-PAUD. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Ivet. 2025. 153 halaman. Penelitian ini bertujuan untuk (I) Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Melalui Metode Cerita Bergambar di Kelompok A di KB Aguriho Tahun Ajaran 2024/2025; (2) Mengukur peningkatan kemampuan berbicara, menyimak, dan penggunaan kalimat sederhana setelah diterapkannya metode cerita bergambar Jenis Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitain dilaksanakan bulan Oktober sampai dengan Desember 2024 dengan subyek guru kelas A dan Peserta didik Kelompok A. Penelitian tindakan kelas dilakukan selama Dua siklus yaitu: siklus I dan siklus II masing -masing siklus terdiri dari 3 pertemuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran melalui metode cerita bergambar dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak. Peningkatan kemampuan berbahasa anak dapat dilihat dari jumlah anak di kelompok A KB Aguriho, berjumlah 14 anak dengan kemampuan berbahasa sudah meningkat setiap siklusnya, baik dari siklus I sampai dengan siklus II. kondisi awal atau pra siklus perkembangan kemampuan berbahasa anak kategori Konsisten hanya mencapai persentase 42,9%, Pada siklus pertama mengalami peningkatan menjadi 50%, siklus II mengalami peningkatan mencapai 78,6 %. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Metode Cerita bergambar dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak di kelompok A KB Aguriho
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Anak usia dini, kemampuan berbahasa, metode cerita bergambar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Wahyun Indriani |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 06:23 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 06:23 |
URI: | https://eprint.ivet.ac.id/id/eprint/156 |