PENINGKATAN LITERASI AWAL ANAK MELALUI KEGIATAN MEMBACA KOMIK SEDERHANA DI KELOMPOK B TK MUSLIMAT NU SUKOREJO

Andhini, Nur Rizkiani (2025) PENINGKATAN LITERASI AWAL ANAK MELALUI KEGIATAN MEMBACA KOMIK SEDERHANA DI KELOMPOK B TK MUSLIMAT NU SUKOREJO. Sarjana thesis, Universitas Ivet.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
ANDHINI_NUR_RIZKIANI-2623130076.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[thumbnail of Berita Acara] Text (Berita Acara)
BA.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of BAB 1 Dan 2] Text (BAB 1 Dan 2)
BAB 1-2.pdf

Download (3MB)

Abstract

Andhini Nur Rizkiani, 2623130076, “PENINGKATAN LITERASI AWAL ANAK MELALUI KEGIATAN MEMBACA KOMIK SEDERHANA DI KELOMPOK B TK MUSLIMAT NU SUKOREJO”, Skripsi, Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ivet, 2025, 73 halaman. Latar belakang penelitian adalah kemampuan literasi awal anak di TK Muslimat NU Sukorejo termasuk kategori rendah atau kurang, sehingga peneliti melakukan penelitian tindakan kelas melalui kegiatan membaca komik sederhana agar kemampuan literasi anak dapat mengalami peningkatan. Tujuan penelitian ini adalah mendeskrispsikan dan menganalisis peningkatan literasi awal anak melalui kegiatan membaca komik sederhana di kelompok B TK Muslimat NU Sukorejo Kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang. Penelitian ini dilakukan melalui 2 (dua) siklus dimana setiap siklus terdiri 2 (dua) pertemuan dengan tahapan: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak kelompok B di TK Muslimat NU Sukorejo yang berjumlah 18 anak. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah observasi, dan dokumentasi, sedangkan analisis data digunakan analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian: Kegiatan membaca komik sederhana efektif dapat meningkatkan kemampuan literasi awal pada anak di kelompok B TK Muslimat NU Sukorejo, hal ini didukung perolehan skor akhir pada siklus II setelah dicari nilai rata-ratanya diperoleh skor terbesar 15,5 atau 86,11% dari 18 anak sebagai subjek dengan kriteria berkembang sangat baik, sedangkan skor sebagai indikator keberhasilan ditetapkan minimal 75%, sehingga hipotesis tindakan yang diajukan: “Melalui kegiatan membaca komik sederhana efektif dapat meningatkan literasi awal pada anak di kelompok B TK Muslimat NU Sukorejo” dinyatakan terbukti.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: kemampuan literasi awal, membaca komik sederhana.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Wahyun Indriani
Date Deposited: 04 Aug 2025 05:50
Last Modified: 04 Aug 2025 05:50
URI: https://eprint.ivet.ac.id/id/eprint/155

Actions (login required)

View Item
View Item