PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS DENGAN METODE MENGGAMBAR POLA PADA ANAK USIA 2-3 TAHUN DI POS PAUD FLAMBOYAN UJUNGNEGORO KECAMATAN KANDEMAN KABUPATEN BATANG

Sukesi, Sukesi (2025) PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS DENGAN METODE MENGGAMBAR POLA PADA ANAK USIA 2-3 TAHUN DI POS PAUD FLAMBOYAN UJUNGNEGORO KECAMATAN KANDEMAN KABUPATEN BATANG. Sarjana thesis, Universitas Ivet.

[thumbnail of BAB 1 Dan 2] Text (BAB 1 Dan 2)
BAB 1-2.pdf

Download (148kB)
[thumbnail of Berita Acara] Text (Berita Acara)
BA.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
SUKESI_2623130031.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Sukesi, 2623130031, “Peningkatan Kemampuan Motorik Halus dengan Metode Menggambar Pola pada Anak Usia 2-3 Tahun di Pos PAUD Flamboyan Kecamatan Kandeman Kabupaten Batang”, Skripsi, Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ivet, 2025, 54 halaman. Latar belakang penelitian: beberapa peserta didik usia 2-3 tahun di Pos PAUD Flamboyan memiliki kemampuan motorik halus yang masih rendah, sehingga peneliti melakukan penelitian tindakan kelas melalui metode menggambar pola untuk meningkatkan kemampuan motorik halus. Tujuan Penelitian: mengetahui dan menganalisis penerapan metode menggambar pola dapat meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak Usia 2-3 tahun di Pos PAUD Flamboyan Kecamatan Kandeman Kabupaten Batang. Penelitian dilakukan melalui 2 (dua) siklus, setiap siklus terdiri 2 (dua) pertemuan dengan tahapan: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik usia 2-3 tahun di Pos PAUD Flamboyan yang berjumlah 18 anak. Tenik Pengumpulan data menggunakan metode observasi dan dokumentasi, sedangkan analisis data digunakan analisis deskriptif persentase. Simpulan hasil penelitian: Kegiatan menggambar pola efektif dapat meningkatkan motorik halus pada anak, hal ini didukung perolehan skor akhir siklus II setelah dicari nilai rata-ratanya diperoleh sebesar 16 atau 88,89% termasuk kriteria berkembang sangat baik, sedangkan indikator keberhasilan ditetapkan sebesar 75% untuk perolehan skor secara individu dan klasikal, maka dapat dibuat persamaan matematika: 75% < 88,89%, maka hipotesis tindakan: “Melalui penerapan metode menggambar pola dapat meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak usia 2-3 tahun di Pos PAUD Flamboyan Kecamatan Kandeman Kabupaten Batang” dinyatakan terbukti.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: motorik halus, menggambar pola.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Wahyun Indriani
Date Deposited: 04 Aug 2025 05:45
Last Modified: 04 Aug 2025 05:45
URI: https://eprint.ivet.ac.id/id/eprint/154

Actions (login required)

View Item
View Item