PENINGKATAN NUMERASI ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PERMAINAN WORDWALL DI RA AL IKHLAS SENTUL KECAMATAN GRINGSING KABUPATEN BATANG

Khafifah, Lailatul (2025) PENINGKATAN NUMERASI ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PERMAINAN WORDWALL DI RA AL IKHLAS SENTUL KECAMATAN GRINGSING KABUPATEN BATANG. Sarjana thesis, Universitas Ivet.

[thumbnail of BAB 1 Dan 2] Text (BAB 1 Dan 2)
BAB 1-2.pdf

Download (185kB)
[thumbnail of Berita Acara] Text (Berita Acara)
BA.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
SKRIPSI_LAILATUL KHAFIFAH_2622130367.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Lailatul Khafifah , 2622130367, “Peningkatan Numerasi Anak Usia 5-6 Tahun melalui Permainan Wordwall di RA Al Ikhlas Sentul Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang”, Skripsi, Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ivet, 2025, 59 halaman. Latar belakang penelitian: beberapa peserta didik usia 5-6 tahun di RA Al Ikhlas Sentul memiliki kemampuan numerasi yang masih kurang atau belum maksimal, sehingga peneliti melakukan tindakan kelas melalui penerapan metode bermain wordwall diharapkan kemampuan numerasi anak dapat mengalami peningkatan. Tujuan penelitian: untuk mendeskripsikan dan menganalisis permainan Wordwall dalam meningkatkan numerasi anak usia 5-6 tahun di RA Al Ikhlas Desa Sentul Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui 2 (dua) siklus dimana setiap siklus terdiri 2 (dua) pertemuan dengan tahapan: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak usia 3-4 tahun di KB Pelita Bangsa Ambalresmi yang berjumlah 15 anak. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah observasi, demonstrasi dan dokumentasi, sedangkan analisis data digunakan analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian: Metode permainan Wordwall yang diterapkan dalam proses pembelajaran efektif dapat meningkatkan kemampuan numerasi pada anak usia 5-6 tahun di RA Al Ikhlas Sentul, hal ini didukung perolehan skor rata-rata pada akhir siklus II sebesar 12,5 atau 83,33% dengan kriteria berkembang sangat baik. Mengingat indikator keberhasilan yang ditetapkan sebesar 75% untuk perolehan skor secara individu dan klasikal, maka dapat dibuat persamaan: 75% < 83,33%, sehingga hipotesis tindakan yang diajukan: “Melalui permainan Wordwall dapat meningkatkan numerasi pada anak usia 5-6 tahun di RA Al Ikhlas Sentul Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang” diterima.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: kemampuan numerasi, wordwall.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Wahyun Indriani
Date Deposited: 04 Aug 2025 05:39
Last Modified: 04 Aug 2025 05:39
URI: https://eprint.ivet.ac.id/id/eprint/153

Actions (login required)

View Item
View Item