PENINGKATAN KEMAMPUAN KERJASAMA DAN KEJUJURAN DENGAN METODE COOPERATIVE LEARNING MELALUI MEDIA BERMAIN CUBLAK-CUBLAK SUWENG PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD NIFARES PERMATA BATANG

Tudhuhijah, Romdhana (2025) PENINGKATAN KEMAMPUAN KERJASAMA DAN KEJUJURAN DENGAN METODE COOPERATIVE LEARNING MELALUI MEDIA BERMAIN CUBLAK-CUBLAK SUWENG PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD NIFARES PERMATA BATANG. Sarjana thesis, Universitas Ivet.

[thumbnail of Berita Acara] Text (Berita Acara)
BA.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of BAB 1 Dan 2] Text (BAB 1 Dan 2)
BAB 1-2.pdf

Download (338kB)
[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
ROMDHANA_2623130062.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Romdhana Tudhuhijah, 2623130062, “Peningkatan Kemampuan Kerjasama dan Kejujuran dengan Metode Cooperative Learning melalui Media Bermain CublakCublak Suweng pada Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Nifares Permata Batang”, Skripsi, Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ivet, 2025, 74 halaman. Latar belakang penelitian: sebagian besar anak di PAUD Nifares Permata Batang memiliki kemampuan kerjasama dan kejujuran yang belum dikembangkan secara maksimal, sehingga peneliti melakukan tindakan kelas melalui metode cooperative learning melalui media bermain cublak-cublak suweng untuk meningkatkan kemampuan kerjasama dan kejujuran anak. Tujuan Penelitian: untuk mengetahui dan menganalisis penerapan metode Cooperative Learning melalui media bermain Cublak-Cublak Suweng dalam meningkatkan kemampuan kerjasama dan kejujuran bagi anak usia 5-6 tahun di PAUD Nifares Permata Batang. Penelitian Tindakan kelas ini dilakukan melalui 2 (dua) siklus, setiap siklus terdiri 2 (dua) pertemuan dengan tahapan: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak usia 5-6 tahun di PAUD Nifares Permata Batang yang berjumlah 18 anak. Tenik Pengumpulan data menggunakan metode observasi dan dokumentasi, sedangkan analisis data digunakan analisis deskriptif persentase. Simpulan: penerapan metode cooperative learning dengan media bermain Cublak-Cublak Suweng efektif dapat meningkatkan keaktifan dalam meningkatkan kemampuan kerjasama dan kejujuran pada anak, hal ini didukung perolehan skor akhir siklus II setelah dicari nilai rata-ratanya diperoleh sebesar 16 atau 88,89% termasuk kriteria berkembang sangat baik, sedangkan indikator keberhasilan ditetapkan sebesar 75% untuk perolehan skor secara individu dan klasikal, maka dapat dibuat persamaan matematika: 75% < 88,89%, maka hipotesis tindakan: ”Melalui metode cooperative learning dengan media bermain Cublak-Cublak Suweng dapat meningkatkan kerjasama dan kejujuran bagi anak usia 5-6 tahun di PAUD Nifares Permata Batang” dinyatakan terbukti.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: kerjasama dan kejujuran, cooperative learning, Cublak-Cublak Suweng.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Wahyun Indriani
Date Deposited: 04 Aug 2025 04:58
Last Modified: 04 Aug 2025 04:58
URI: https://eprint.ivet.ac.id/id/eprint/152

Actions (login required)

View Item
View Item