Sidqiyah, Lina Faridatus (2025) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL WARNA DENGAN METODE BERMAIN MELALUI MEDIA STIK WARNA PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI RA MASYITHOH BANARAN KECAMATAN BANYUPUTIH KABUPATEN BATANG. Sarjana thesis, Universitas Ivet.
![Berita Acara [thumbnail of Berita Acara]](https://eprint.ivet.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BA. LINA FARIDATUS SIDQIYAH 2623130079.pdf
Download (4MB)
![BAB 1 Dan 2 [thumbnail of BAB 1 Dan 2]](https://eprint.ivet.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 1-2.pdf
Download (417kB)
![Skripsi [thumbnail of Skripsi]](https://eprint.ivet.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi_Lina Faridatus Sidqiyah(2623130079).pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Abstract
Lina Faridatus Sidqiyah, 2623130079, “Peningkatan Kemampuan Mengenal Warna dengan Metode Bermain melalui Media Stik Warna pada Anak Usia 4-5 Tahun di RA Masyithoh Banaran Kecamatan Banyuputih Kabupaten Batang”, Skripsi, Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ivet, 2025, 68 halaman. Latar belakang penelitian: beberapa peserta didik usia 4-5 di RA Masyithoh Banaran memiliki kemampuan mengenal warna yang belum dikembangkan secara maksimal, sehingga peneliti melakukan tindakan kelas melalui metode bermain dengan media stik warna untuk meningkatkan kemampuan mengenal warna pada anak. Tujuan penelitian: untuk mendeskripsikan dan menganalisis penerapan metode bermain dengan media stik warna dalam meningkatkan kemampuan mengenal warna pada anak usia 4-5 tahun di RA Masyithoh Banaran Kecamatan Banyuputih Kabupaten Batang. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui 2 (dua) siklus, setiap siklus terdiri 2 (dua) pertemuan dengan tahapan: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik usia 4-5 tahun di RA Masyithoh Banaran yang berjumlah 18 anak. Pengambilan data menggunakan metode observasi dan dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase. Simpulan hasil penelitian: penerapan metode bermain melalui media stik warna sangat tepat untuk meningkatkan kemampuan mengenal, hal ini didukung perolehan skor akhir rata-rata pada siklus II sebesar 15,5 atau 86,11% termasuk kriteria berkembang sangat baik, sedang indikator keberhasilan 75% untuk perolehan skor secara individu dan skor perolehan secara klasikal, maka dapat dibuat persamaan matematika: 75% < 86,11%, sehingga hipotesis tindakan: “Melalui metode bermain dengan media stik warna dapat meningkatkan kemampuan mengenal warna pada anak usia 4-5 tahun di RA Masyithoh Banaran Kecamatan Banyuputih Kabupaten Batang” dinyatakan terbukti.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | mengenal warna, bermain, stik warna. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Wahyun Indriani |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 04:00 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 04:00 |
URI: | https://eprint.ivet.ac.id/id/eprint/146 |