PENINGKATANKETERAMPILANMENGENALBILANGAN1-10 DENGANMETODEDEMONSTRASIMELALUIMEDIALOOSEPART BERBAHANPLASTIKPADAANAKUSIA5-6TAHUN DI TKAISYIYAH KAUMANBATANG

Erlinawati, Erlinawati (2025) PENINGKATANKETERAMPILANMENGENALBILANGAN1-10 DENGANMETODEDEMONSTRASIMELALUIMEDIALOOSEPART BERBAHANPLASTIKPADAANAKUSIA5-6TAHUN DI TKAISYIYAH KAUMANBATANG. Sarjana thesis, Universitas Ivet.

[thumbnail of BAB 1 Dan 2] Text (BAB 1 Dan 2)
BAB 1-2.pdf

Download (313kB)
[thumbnail of Berita Acara] Text (Berita Acara)
BA. ERLINAWATI 2623130059.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
SKRIPSI - ERLINAWATI.2623130059.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Erlinawati, 2623130059, “Peningkatan Keterampilan Mengenal Bilangan 1-10 dengan Metode Demonstrasi melalui Media Loose Part Berbahan Plastik pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Aisyiyah Kauman Batang”, Skripsi, Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ivet, 2025, 63 halaman. Latar belakang penelitian adalah masih ada sebagian peserta didik usia 5-6 di TK Aisyiyah Kauman Batang memiliki keterampilan mengenal bilangan 1-10 yang belum dikembangkan secara maksimal, sehingga peneliti melakukan penelitian tindakan kelas melalui metode demonstrasi dengan media loose part untuk meningkatkan keterampilan mengenal bilangan 1-10 pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis penerapan metode demonstrasi melalui media loose part berbahan plastik dalam meningkat-kan keterampilan mengenal bilangan 1-10 pada anak usia 5-6 tahun di TKAisyiyah Kauman Kabupaten Batang. Penelitian Tindakan kelas dilakukan melalui 2 (dua) siklus, setiap siklus terdiri 2 (dua) pertemuan dengan tahapan: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik usia 3-4 tahun di TK Aisyiyah Kauman Batang yang berjumlah 15 anak. Pengambilan data menggunakan metode observasi dan dokumentasi, sedangkan analisis data digunakan analisis deskriptif persentase. Simpulan hasil penelitian: Penerapan metode demonstrasi dengan media loose part berbahan plasik dapat meningkatkan keterampilan mengenal bilangan 1-10 pada anak usia 5-6 tahun di TK TK Aisyiyah Kauman diperoleh dari skor rata-rata tindakan pada siklus II sebesar 12 atau 80,00%, sedangkan indikator keberhasilan ditetapkan minimal secara individu sebesar 75% dengan kriteria berkembang sangat baik, karena 75% < 80,00%, maka hipotesis tindakan: ”Melalui metode demonstrasi dengan media loose part berbahan plasik dapat meningatkan keterampilan mengenal bilangan 1-10 pada anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah Kauman Kabupaten Batang” dinyatakan diterima.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: mengenal bilangan 1-10, demonstrasi, loose part.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Wahyun Indriani
Date Deposited: 04 Aug 2025 03:36
Last Modified: 04 Aug 2025 03:36
URI: https://eprint.ivet.ac.id/id/eprint/144

Actions (login required)

View Item
View Item