Nisak, Dzikrotun (2025) PENINGKATAN KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF MELALUI METODE BERCERITA DENGAN MEDIA STICK EMOTICON PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN RA MASYITHOH BANARAN KECAMATAN BANYUPUTIH KABUPATEN BATANG. Sarjana thesis, Universitas Ivet.
![BAB 1 Dan 2 [thumbnail of BAB 1 Dan 2]](https://eprint.ivet.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 1-2.pdf
Download (319kB)
![Berita Acara [thumbnail of Berita Acara]](https://eprint.ivet.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BA. DZIKROTUN NISAK 2623130074.pdf
Download (4MB)
![Skripsi [thumbnail of Skripsi]](https://eprint.ivet.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI_DZIKROTUN NISAK_2623130074.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Abstract
Dzikrotun Nisak, 2623130074, “Peningkatan Kemampuan Bahasa Ekspresif melalui Metode Bercerita dengan Media Stick Emoticon pada Anak Usia 3-4 Tahun RA Masyithoh Banaran Kecamatan Banyuputih Kabupaten Batang”, Skripsi, Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ivet, 2025, 61 halaman. Latar belakang penelitian adalah kemampuan bahasa ekspresif beberapa peserta didik usia 3-4 di RA Masyithoh Banaran termasuk kategori rendah atau kurang, sehingga peneliti melakukan penelitian tindakan kelas melalui metode bercerita dengan media stick emoticon agar kemampuan bahasa ekspresif anak mengalami peningkatan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis peningkatan kemampuan bahasa ekspresif melalui metode bercerita dengan media stick emoticon pada anak usia 3-4 tahun di RA Masyithoh Banaran Kecamatan Banyuputih Kabupaten Batang. Penelitian ini dilakukan melalui 2 (dua) siklus, setiap siklus terdiri 2 (dua) pertemuan dengan tahapan: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik usia 3-4 tahun di RA Masyithoh Banaran yang berjumlah 15 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan dokumentasi, sedangkan analisis data digunakan analisis deskriptif persentase. Simpulan hasil penelitian: metode bercerita dengan media stick emoticon yang diterapkan dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif pada anak usia 3-4 tahun RA Masyithoh Banaran, hal ini didukung perolehan skor rata-rata pada akhir siklus II sebesar skor 12,5 atau 83,33% dengan kriteria berkembang sangat baik. Mengingat indikator keberhasilan telah ditetapkan sebesar 75% untuk perolehan skor secara individu dan klasikal, maka dapat dibuat persamaan: 75% < 83,33%, sehingga hipotesis tindakan: ”Melaui metode bercerita dengan media stick emoticon dapat meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif pada anak usia 3-4 tahun RA Masyithoh Banaran Kecamatan Banyuputih Kabupaten Batang” dinyatakan terbukti
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ahasa ekspresif, bercerita, stick emoticon. |
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Wahyun Indriani |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 03:29 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 03:29 |
URI: | https://eprint.ivet.ac.id/id/eprint/143 |