PENINGKATANKEMAMPUANMENGENAL KONSEP ANGKAPADA ANAK USIADINI MELALUI BERMAINPAPANFLANEL DI KBIMAM AL GHAZALI BUMIJAWAKABUPATENTEGAL

Sodikoh, Sodikoh (2025) PENINGKATANKEMAMPUANMENGENAL KONSEP ANGKAPADA ANAK USIADINI MELALUI BERMAINPAPANFLANEL DI KBIMAM AL GHAZALI BUMIJAWAKABUPATENTEGAL. Sarjana thesis, Universitas Ivet.

[thumbnail of Berita Acara] Text (Berita Acara)
BA SODIKOH 2623130045.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of BAB 1 Dan 2] Text (BAB 1 Dan 2)
BAB 1-2.pdf

Download (263kB)
[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
Skripsi sodikoh Fix.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Sodikoh, NPM 2623130045. Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Angka pada Anak Usia Dini Melalui Bermain Papan Flanel di KB Imam Al Ghazali Bumijawa, Kabupaten Tegal. Jurusan PG PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas IVET Semarang. 2024. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Angka pada Anak Usia Dini Melalui Bermain Papan Flanel di KB Imam Al Ghazali Bumijawa, Kabupaten Tegal. Jenis penelitian ini yakni PenelitianTindakan Kelas (PTK) dengan dua variabel yakni mengenal konsep angka dan bermain papan flanel. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini terdiri dari dua siklus yang mencakup beberapa tahapan yakni tahap perencanaan (planning), tindakan (acting), observasi (observing) dan refleksi (reflecting). Subjek yang diteliti adalah peserta didik KB Imam Al Ghazali Bumijawa, Kabupaten Tegal yang berjumlah 13 anak terdiri atas 7 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep bilangan anak dapat ditingkatkan melalui bermain papan flanel. Pada pra siklus, tidak ada anak yang mencapai kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH) maupun Berkembang Sangat Baik (BSB), sementara kategori Mulai Berkembang (MB) mencapai 23%, dan Belum Berkembang 77%. Setelah siklus I, BSB mencapai 23%, BSH 23%, MB 54%, dan Belum Berkembang 0%. Pada siklus II, terjadi peningkatan BSB menjadi 62%, BSH tetap 23%, MB menurun menjadi 15%, dan Belum Berkembang tetap 0%. Hal ini menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman konsep bilangan anak

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Konsep Anka , Papan Flanel
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Wahyun Indriani
Date Deposited: 04 Aug 2025 03:19
Last Modified: 04 Aug 2025 03:19
URI: https://eprint.ivet.ac.id/id/eprint/142

Actions (login required)

View Item
View Item