PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF DENGAN BERMAIN POHON KARTU HURUF (POKARUF) DI KB IMAM AL GHOZALI KABUPATEN TEGAL

Sulastri, Siti (2025) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF DENGAN BERMAIN POHON KARTU HURUF (POKARUF) DI KB IMAM AL GHOZALI KABUPATEN TEGAL. Sarjana thesis, Universitas Ivet.

[thumbnail of Berita Acara] Text (Berita Acara)
BA SITI SULASTRI 2623130049.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of BAB 1 Dan 2] Text (BAB 1 Dan 2)
BAB 1-2.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
SKRIPSI Siti Sulastri ok.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Siti Sulastri, NPM. 2623130049. Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf dengan Bermain Pohon Kartu Huruf (Pokaruf) Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di KB Al Ghozali Kabupaten Tegal. Jurusan PG PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas IVET Semarang. 2025. 58 halaman. Kemampuan membaca memiliki peranan penting dalam kehidupan masyarakat yang semakin kompleks. Setiap aspek kehidupan melibatkan kegiatan membaca. Diharapkan melalui kegiatan bermain dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak. Penerapan permainan pohon kartu huruf (pokaruf) diasumsikan dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf anak di KB Al Ghozali Kabupaten Tegal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan mengenal huruf pada anak di KB Al Ghozali Kabupaten Tegal. Jenis penelitian ini yakni Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua variabel yakni kemampuan mengenal huruf dan bermain pohon kartu huruf (pokaruf). Penelitian ini mengacu pada model PTK Kurt Lewin yang meliputi empat tahap kegiatan yaitu: 1) Perencanaan, 2) Tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Peneliti bekerjasama dengan Kepala Sekolah dan rekan guru sejawat. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah anak didik KB Al Ghozali Kabupaten Tegal yang berjumlah 20 anak terdiri atas 7 anak laki-laki dan 13 anak perempuan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa kemampuan mengenal huruf pada anak di KB Al Ghozali Kabupaten Tegal dapat ditingkatkan menggunakan metode bermain pohon kartu huruf (pokaruf). Hal ini dapat dibuktikan dari hasil peningkatan kemampuan mengenal huruf. Pada kondisi Prasiklus rata-rata ketercapaiannya sebesar 20% dan mengalami peningkatan sebesar 40% sehingga pada Siklus I mencapai 60% dan pada Siklus I sampai Siklus II mengalami peningkatan sebesar 25% sehingga pada Siklus II mencapai skor 85%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan mengenal huruf, Pohon kartu kata huruf (pokaruf)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Wahyun Indriani
Date Deposited: 04 Aug 2025 03:04
Last Modified: 04 Aug 2025 03:04
URI: https://eprint.ivet.ac.id/id/eprint/141

Actions (login required)

View Item
View Item