PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAHASA BERMAIN PERAN MENGGUNAKAN BONEKA TANGAN PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL JATIMULYA KECAMATAN LEBAKSIU KABUPATEN TEGAL

Susanti, Indah Tri (2025) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAHASA BERMAIN PERAN MENGGUNAKAN BONEKA TANGAN PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL JATIMULYA KECAMATAN LEBAKSIU KABUPATEN TEGAL. Sarjana thesis, Universitas Ivet.

[thumbnail of Berita Acara] Text (Berita Acara)
BA INDAH TRI SUSANTI 2622220043.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of BAB 1 Dan 2] Text (BAB 1 Dan 2)
BAB 1-2.pdf

Download (353kB)
[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
Skripsi Indah Tri Susanti Fix.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

ndah Tri Susanti ( 2024 ), Peningkatan Kemampuan Berbahasa Bermain Peran Menggunakan Boneka Tangan pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Jatimulya Tahun Ajaran 2024/2025. Program Studi: PG-PAUD, Fakultas: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas IVET Semarang. Halaman Fondasi dari bakat seorang anak adalah bahasa, oleh karena itu penting bagi mereka untuk mengembangkan kemampuan bahasanya sejak dini. Mengajari anak kecil keterampilan komunikasi verbal, nonverbal, dan isi yang benar memerlukan penggunaan aktivitas bermain peran secara ekstensif. Tujuan dari penelitian ini adalah menggunakan teknik bermain peran untuk menguji beberapa elemen pemerolehan bahasa pada anak usia dini. Dua puluh anak dari Usia 4-5 Tahun digunakan dalam penelitian ini. Hasil penilitian menunjukan berdasarkan data yang diperoleh sebesar 85,10 persen anak mempunyai ruang untuk berkembang dalam keterampilan linguistiknya. Temuan ini menunjukkan bahwa penggunaan teknik bermain peran dapat membantu pertumbuhan linguistik anakanak, Hal tersebut dibuktikan dengan hasil penelitian yang mengacu pada indikator keberhasilan dimana pada siklus I prosentase ketuntasan belajar siswa sebesar 54,90%, ada kenaikan pada siklus II yaitu 87,25% artinya siklus II penelitian tindakan kelas ini sudah melampaui indikator kinerja yang di harapkan yaitu lebih dari 85%. Dengan media yang dimanfaatkan secara maksimal, guru dapat menarik perhatian siswa dengan tingkah laku boneka yang centil, lucu dan mengundang tawa. Demikian pula apabila guru mendekatkan boneka ke anak atau pura pura mencubit anak, maka boneka itu menjalankan perannya sebagai media komunikasi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan Bermain Peran dengan menggunakan boneka dapat meningkatkan bahasa anak pada Usia 4-5 Tahun TK Aisyiyah Bustanul Athfal Jatimulya Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bermain Peran, Boneka Tangan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Wahyun Indriani
Date Deposited: 04 Aug 2025 02:27
Last Modified: 04 Aug 2025 02:27
URI: https://eprint.ivet.ac.id/id/eprint/139

Actions (login required)

View Item
View Item