Nuryati, Nuryati (2025) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI MEDIA BAHAN ALAM UNTUK ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK DHARMA WANITA KEDUNGREJO KECAMATAN KEMUSU KBUPATEN BOYOLALI TAHUN 2024/2025. Sarjana thesis, Universitas Ivet.
![Berita Acara [thumbnail of Berita Acara]](https://eprint.ivet.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BA Nuryati 2621110207.pdf
Download (4MB)
![BAB 1 Dan 2 [thumbnail of BAB 1 Dan 2]](https://eprint.ivet.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 1-2.pdf
Download (2MB)
![Skripsi [thumbnail of Skripsi]](https://eprint.ivet.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI NURYATI(2621110207).pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Abstract
Nuryati. Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Melalui Media Bahan Alam Untuk Anak Usia 4-5 Tahun di TK Dharma Wanita Kedungrejo Kecamatan Kemusu Kabupaten Boyolali. Skripsi. PG-PAUD. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Ivet. 2024. 82 halaman. Latar belakang penelitian adalah masih ada sebagian besar anak usia 4-5 tahun TK Darma Wanita Kedungrejo yang belum mampu berhitung dan mengenal konsep bilangan angka 1-10. Karena di Lembaga tersebut hanya menggunakan buku Lembar Kerja Anak (LKA) dan menggunakan metode teacher center (anak berpusat pada guru). Untuk membantu mengoptimalkan berhitung pada anak usia 4-5 tahun di TK Dharma Wanita Kedungrejo, Peneliti akan mengaplikasikan pembelajaran dengan media bahan alam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berhitung dengan media bahan alam untuk anak usia 45 tahun di TK Dharma Wanita Kedungrejo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan 2 (dua) siklus, setiap siklus terdiri 2 (dua) kali pertemuan. Subjek penelitian adalah anak usia 4-5 tahun di TK Dharma Wanita Kedungrejo yang berjumlah 12 anak. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah dokumentasi dan observasi. Kesimpulan dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa media bahan alam dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak, hal ini dapat dilihat dari setiap siklus nilai yang diperoleh selalu meningkat. Hasil Peningkatan kemampuan berhitung saat Pra siklus mencapai 8,33%. Siklus I mencapai 41,67% . Siklus II mencapai 91,67% yang terdiri dari kriteria BSB 50% dan BSH 41,67% dan hasil kemampuan berhitung pada siklus II dengan ketuntasan klasikal sebesar 91,67% dan dapat dikategorikan tuntas sudah melebihi indikator penilaian 75% dan perolehan skor secara klasikal minimal sebesar 85%.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Berhitung, Media Bahan Alam, Anak Usia Dini |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Wahyun Indriani |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 05:03 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 05:03 |
URI: | https://eprint.ivet.ac.id/id/eprint/134 |