Sari., Oki Nofita (2025) KEMAMPUAN MENGENAL HURUF VOKAL MELALUI METODE BERMAIN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KOTAK HURUF PADA ANAK USIA 4 – 5 TAHUN TK PERTIWI 2 NGADIROJO KECAMATAN GLADAGSARI KABUPATEN BOYOLALI TAHUN AJARAN 2024/2025. Sarjana thesis, Universitas Ivet.
![Berita Acara [thumbnail of Berita Acara]](https://eprint.ivet.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BA Oki Nofita Sari 2621110213.pdf
Download (4MB)
![BAB 1 Dan 2 [thumbnail of BAB 1 Dan 2]](https://eprint.ivet.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 1-2.pdf
Download (2MB)
![Skripsi [thumbnail of Skripsi]](https://eprint.ivet.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI OKI NOFITASARI 2621110213.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Abstract
Oki Nofita Sari. Kemampuan Mengenal Huruf Vokal Melalui Metode Bermain Menggunakan Media Kotak Huruf Pada Anak Usia 4-5 Tahun TK Pertiwi 2 Ngadirojo Kecamatan Gladagsari Kabupaten Boyolali . Skripsi. PGPAUD. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Ivet. 2024. Latar belakang penelitian adalah masih ada sebagian besar anak usia 4-5 tahun TK Pertiwi 2 Ngadirojo yang belum mampu huruf vokal dengan maksimal. Karena di Lembaga tersebut hanya menggunakan buku Majalah dan menggunakan metode teacher center ( anak berpusat pada guru ). Untuk membantu mengoptimalkan mengenal huruf vocal pada anak usia 4-5 tahun di TK Pertiwi 2 Ngadirojo Peneliti akan mengaplikasikan pembelajaran dengan media kotak huruf. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan 2 (dua) siklus, setiap siklus terdiri 2 (dua) kali pertemuan dengan tahapan: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak usia 4-5 tahun di TK Pertiwi 2 Ngadirojo yang berjumlah 14 anak. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data digunakan analisis deskriptif persentase. Kesimpulan dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa media kotak huruf dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf vocal anak, hal ini dapat dilihat dari setiap siklus nilai yang diperoleh selalu meningkat. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam keterampilan mengenal huruf vokal anak setelah mengikuti kegiatan bermainan dengan menggunakan media kotak huruf. Rata-rata skor mengenal huruf vokal meningkat dari 15% pada pra-intervensi menjadi 85% pada pasca-intervensi, dengan nilai signifikan. Temuan ini mengindikasikan bahwa kegiatan bermain dengan menggunakan media kotak huruf merupakan metode yang efektif untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf vokal.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bahasa, Huruf Vokal, Kelompok Usia 4-5 Tahun |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Wahyun Indriani |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 04:56 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 04:56 |
URI: | https://eprint.ivet.ac.id/id/eprint/133 |