PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) MELALUI KEGIATAN KOLASE GEOMETRI DAUN PADA KELOMPOK B DI KB NURUL YASIN MEJOBO KUDUS

Wahyuningsih, Eka Sri (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) MELALUI KEGIATAN KOLASE GEOMETRI DAUN PADA KELOMPOK B DI KB NURUL YASIN MEJOBO KUDUS. Sarjana thesis, Universitas Ivet.

[thumbnail of Berita Acara] Text (Berita Acara)
BA Eka Sri Wahyuningsih 2623130090.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of BAB 1 Dan 2] Text (BAB 1 Dan 2)
BAB 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
Eka Sri Wahyuningsih- Jepara 2 final.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Kemampuan motorik halus berhubungan erat dengan koordinasi mata dan tangan, yang penting dalam kehidupan sehari-hari. Sayangnya, hal ini sering diabaikan, sehingga banyak anak usia dini memiliki motorik halus yang rendah. Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia dini melalui kegiatan kolase geometri daun menggunakan model pembelajaran project based learning (PjBL). Dilakukan dalam dua siklus dengan model Kurt Lewin, data diperoleh melalui observasi, tes unjuk kerja, dan dokumentasi, lalu dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil menunjukkan bahwa kemampuan motorik halus anak meningkat setelah mengikuti kegiatan kolase geometri daun, dengan dukungan bimbingan guru, variasi alat kerja, dan bahan kolase. Kesimpulannya, pembelajaran berbasis proyek melalui kolase geometri daun efektif meningkatkan motorik halus anak usia dini. Disarankan memanfaatkan bahan alam sekitar untuk kegiatan serupa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Motorik Halus, Project Based Learning, Kolase geometri daun
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Wahyun Indriani
Date Deposited: 31 Jul 2025 04:06
Last Modified: 31 Jul 2025 04:06
URI: https://eprint.ivet.ac.id/id/eprint/128

Actions (login required)

View Item
View Item