Rizqi, Sri (2025) PENERAPAN KEGIATAN FINGER PAINTING PADA KEGIATAN NUMERASI MENULIS SIMBOLIK ANAK USIA 3-4 TAHUN DI POS PAUD ARRIDLWAN DESA TRITIS NALUMSARI JEPARA. Sarjana thesis, Universitas Ivet.
![Berita Acara [thumbnail of Berita Acara]](https://eprint.ivet.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BA Sri Rizqi 2623130194.pdf
Download (4MB)
![BAB 1 dan 2 [thumbnail of BAB 1 dan 2]](https://eprint.ivet.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 1-2.pdf
Download (1MB)
![Skripsi [thumbnail of Skripsi]](https://eprint.ivet.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Sri Rizqi-Jepara 2 Final.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Abstract
Sri Rizqi, NPM. 2623130194. Penerapan Kegiatan Finger Painting Pada Kegiatan Numerasi Menulis Simbolik Anak Usia 3-4 Tahun Di Pos Paud arridlwan Desa Tritis Nalumsari Jepara. Jurusan PG PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas IVET Semarang. 2024. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan numerasi anak melalui kegiatan finger painting menulis simbolik pada anak usia 3-4 tahun di Pos Paud Arridlwan Desa Tritis Kabupaten Jepara Tahun Ajaran 2024. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari 3 pertemuan. Subyek penelitian ini adalah kelas kelompok Bermain berjumlah 15 anak. Obyek penelitian ini adalah numerasi anak melalui finger painting menulis simbolik . Penelitian dilakukan di Pos Paud ArridlwanDesa Tritis Nalumsari Kabupaten Jepara. Waktu pelaksanaan dilakukan pada semester ganjil Tahun Ajaran 2024/2025. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas model Kemmis dan Mc. Taggart yang meliputi empat tahapan yakni perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Pengumpulan data dari penelitian ini yaitu menggunakan lembar observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya ada peningkatan numerasi anak usia 3-4 tahun di Pos Paud Arridlwan dengan mengenalkan angka 1-6 dengan media finger painting, pada siklus I diperoleh sebanyak 6-8 anak yang numerasinya berkembang sesuai harapan atau dari nilai rata-rata siklus I adalah 55,84% meningkat dari kondisi awal. Pada siklus II diperoleh sebanyak 14 dari 15 anak sehingga tingkat prosentasenya meningkat menjadi 76,14%. Dengan demikian, numerasi menulis simbolik dengan media finger painting dapat meningkatkan numerasi anak usia 3-4 tahun di Pos Paud Arridlwan Desa Tritis Nalumsari Kabupaten Jepara tahun ajaran 2024.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Numerasi, menulis simbolik dan finger painting |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Wahyun Indriani |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 04:00 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 04:00 |
URI: | https://eprint.ivet.ac.id/id/eprint/127 |