LESTARI, PIPIT RISKI (2025) PENGARUH CERITA TRADISIONAL TERHADAP PEMBENTUKAN PERILAKU POSITIF PADA ANAK USIA 4-6 TAHUN DI TK MUSLIMAT NU MASYITHOH SIDAHARJA. Sarjana thesis, Universitas Ivet.
![Berita Acara [thumbnail of Berita Acara]](https://eprint.ivet.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BA PIPIT RISKI 2623130024.pdf
Download (4MB)
![BAB 1 Dab 2 [thumbnail of BAB 1 Dab 2]](https://eprint.ivet.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 1-2.pdf
Download (383kB)
![Skripsi [thumbnail of Skripsi]](https://eprint.ivet.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SEKRIPSI PIPIT RISKI LESTARI (2623130024).pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Abstract
Lestari, Pipit Riski. 2025. Pengaruh Cerita Tradisioanal Terhadap Pembantukan Perilaku Positif Pada Anak Usia 4-6 Tahaun, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Universitas Ivet Semarang. Pembimbing: 1. Dr. Tri Leksono Prihandoko, S.Kom., M.Pd.Kons, 2. Dr. Dyah Kusbiantari, S.Psi.,M.Si. Salah satu faktor yang memengaruhi perilaku positif anak adalah paparan gadget dan YouTube, yang sering kali menampilkan konten tidak pantas dan kurang sesuai untuk anak-anak. Kondisi ini menjadi perhatian dalam dunia pendidikan, terutama terkait moralitas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh cerita tradisional terhadap pembentukan perilaku positif pada anak usia 4-6 tahun. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif untuk memberikan gambaran tentang populasi melalui data yang diperoleh dari sampel. Populasi penelitian berjumlah 40 anak, dengan sampel sebanyak 30 anak yang dipilih menggunakan teknik sampling jenuh. Pengumpulan data dilakukan melalui angket dan dokumen, dengan instrumen berupa skala perilaku positif yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada perilaku positif anak setelah diberikan perlakuan. Uji statistik Wilcoxon Signed Ranks Test menghasilkan nilai Z = -4.220 dengan Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0.000, yang mengindikasikan adanya perubahan signifikan secara statistik. Hal ini menunjukkan bahwa pengaruh cerita tradisional efektif dalam membentuk perilaku positif anak.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | cerita tradisional, perilaku positif. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Wahyun Indriani |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 02:49 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 02:49 |
URI: | https://eprint.ivet.ac.id/id/eprint/119 |