Noviyana, Dwi Yanti (2025) PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MELIPAT KERTAS PELANGI PADA ANAK KELOMPOK B DI KB SEKARWANGI PUCAKWANGI PATI. Sarjana thesis, Universitas Ivet.
![Berita Acara [thumbnail of Berita Acara]](https://eprint.ivet.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BA DWI YANTI NOVIYANA 2623130089.pdf
Download (4MB)
![BAB 1 Dan 2 [thumbnail of BAB 1 Dan 2]](https://eprint.ivet.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 1-2.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
![Skripsi [thumbnail of Skripsi]](https://eprint.ivet.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI DWI YANTI NOVIYANA_PATI_LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Abstract
Perkembangan motorik halus pada anak merupakan aspek penting yang harus distimulasi. Perkembangan motorik halus anak usia 3-4 tahun sudah mampu melakukan berbagai macam kegiatan dan menguasai gerakan penunjang motorik halus seperti mampu mengendalikan koordinasi yang melibatkan kelompok otot yang lebih kecil, maka dari itu untuk mengembangkan motorik halus Anak Usia Dini harus dilakukan sejak usia dini. Dalam mengembangkan motorik halus yang dilakukan di KB SEKARWANGI Pucakwangi Pati peneliti menggunakan media melipat kertas pelangi. Media kertas lipat pelangi adalah suatu media kertas lipat yang dapat di lipat dengan berbagai macam bentuk kepada peserta didik. Penelitian yang dilakukan ini memiliki tujuan untuk meningkatkan perkembangan motorik halus Anak Usia Dini menggunakan media melipat kertas pelangi pada peserta didik kelompok B di KB SEKARWANGI Pucakwangi Pati. Penelitian ini dilakukan karena banyak peserta didik yang belum mampu mengkoordinasikan gerakan mata dengan tangan, lengan, dan tubuh secara bersamaan, dan kurangnya kemampuan motorik halus pada peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang berlokasikan di KB SEKARWANGI Pucakwangi Pati. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk menganalisis data menggunakan reduksi data, penyajian data penarikan kesimpulan/verifikasi. Dari hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa Penelitian Tindakan Kelas (PTK) diketahui dari pengamatan perkembangan peserta didik pada setiap siklus ditandai dengan persentase indikator pencapaian yang meningkat pada kemampuan perkembangan motorik halus dengan penilaian Berkembang Sesuai Harapan (BSH). Pada siklus I dari 10 peserta didik yang memberikan hasil BSH yaitu sebesar 50%. Pada siklus II dari 10 peserta didik yang memberikan hasil BSH yaitu sebesar 80%.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Melipat Kertas Origami, Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Wahyun Indriani |
Date Deposited: | 30 Jul 2025 06:39 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 06:39 |
URI: | https://eprint.ivet.ac.id/id/eprint/112 |