Yuliana, Rini (2025) PENINGKATAN KEMAMPUAN KREATIVITAS MELALUI MEDIA BALOK WARNA PADA ANAK KELOMPOK A DI KB SEKARWANGI PUCAKWANGI PATI. Sarjana thesis, Universitas Ivet.
![BAB 1 Dan 2 [thumbnail of BAB 1 Dan 2]](https://eprint.ivet.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 1-2.pdf
Download (222kB)
![Skripsi [thumbnail of Skripsi]](https://eprint.ivet.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI_RINI YULIANA_PATI_LENGKAP-1.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
![Berita Acara [thumbnail of Berita Acara]](https://eprint.ivet.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BA RINI YULIANA 2623130129.pdf
Download (2MB)
Abstract
Rini Yuliana, NPM. 2623130129. Peningkatan Kemampuan Kreativitas Melalui Media Balok Warna Pada Anak Kelompok A di KB Sekarwangi Pucakwangi Pati. Jurusan PG PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas IVET Semarang. 2025. 60 halaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar keberhasilan penggunaan media balok warna dalam meningkatkan kreativitas pada anak kelompok A di KB Sekarwangi Pucakwangi Pati. Penelitian ini mengacu pada model PTK Kurt Lewin yang meliputi empat tahap kegiatan yaitu: 1) Perencanaan, 2) Tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Peneliti bekerjasama dengan Kepala Sekolah dan rekan guru sejawat. Subjek penelitian adalah anak KB Sekarwangi Pucakwangi Pati pada dengan jumlah peserta didik 16 anak yang terdiri dari 8 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui kegiatan bermain dengan media balok warna dapat meningkatkan kemampuan kreativitas anak kelompok A di KB Sekarwangi Pucakwangi Pati. Hal ini terlihat dari hasil Pada Prasiklus sebesar 12,5%, pada siklus I meningkat menjadi 62,5%, pada siklus II meningkat menjadi 93,75%. Kesimpulan dari penilaian dan pembahasan tentang adanya penelitian telah dijelaskan di atas yaitu kegiatan bermain dengan media balok warna ini dapat meningkatkan kemampuan kreativitas anak kelompok A di KB Sekarwangi Pucakwangi Pati. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya perkembangan dan peningkatan persentase hasil kemampuan kreativitas pada anak sesuai dengan indikator yang sudah ditentukan dari sebelum tindakan sampai dengan siklus II. Hasil observasi kinerja guru pada siklus 1 pertemuan 1 mencapai hasil 66,5%, kemudian pada siklus I pertemuan 2 berhasil mencapai73,5%. Selanjutnya hasil observasi kinerja guru pada siklus II pertemuan 1 mencapai 79,4%, kemudian pada siklus II pertemuan 2 berhasil mencapai 93,5%. pencapaian tersebut termasuk pada kriteria sangat baik dengan nilai yang maksimal.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kreativitas, Media balok warna |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Wahyun Indriani |
Date Deposited: | 30 Jul 2025 06:28 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 06:28 |
URI: | https://eprint.ivet.ac.id/id/eprint/111 |