Amaliyah, Sir’atun (2025) PENINGKATAN KREATIVITAS MELALUI KEGIATAN ECOPRINT PERMULAAN PADA ANAK USIA 5 – 6 TAHUN DI TK MAYONGLOR KECAMATAN MAYONG KABUPATEN JEPARA. Sarjana thesis, Universitas Ivet.
![Berita Acara [thumbnail of Berita Acara]](https://eprint.ivet.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BA SIR_ATUN AMALIYAH 2623130139 (1).pdf
Download (4MB)
![BAB 1 Dan 2 [thumbnail of BAB 1 Dan 2]](https://eprint.ivet.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 1-2.pdf
Download (1MB)
![Skripsi [thumbnail of Skripsi]](https://eprint.ivet.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
skripsi SIR_ATUN AMALIYAH 2623130139.pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang stimulasi kreativitas anak usia dini melalui teknik Ecoprint Permulaan efektif meningkatkan imajinasi, keterampilan motorik, dan apresiasi lingkungan, meski tantangan pendidikan konvensional menghambat optimalisasi kreativitas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen untuk menganalisis pengaruh teknik Ecoprint terhadap kreativitas anak usia 5–6 tahun di TK Mayong lor, Kecamatan Mayong, Kabupaten Jepara. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi-experimental dengan model pretest-posttest with control group design. Kelompok eksperimen menerima perlakuan berupa pembelajaran menggunakan teknik Ecoprint, sementara kelompok kontrol menggunakan metode pembelajaran konvensional. Analisis data dilakukan dengan membandingkan hasil pretest dan posttest menggunakan skor aspek kreativitas, yaitu kelancaran, fleksibilitas, orisinalitas, dan elaborasi. Prosedur penelitian meliputi tahap persiapan, pelaksanaan (perlakuan pada kelompok eksperimen), dan tahap akhir berupa analisis data. Hasil penelitian menyatakan bahwa Ecoprint efektif untuk meningkatkan kreativitas anak usia 5-6 tahun melalui eksplorasi alam, seni, dan pembelajaran berbasis lingkungan. Anak-anak mengembangkan keterampilan motorik halus, kemampuan berpikir kreatif, serta rasa cinta lingkungan. Pembelajaran ini melibatkan aspek kognitif, emosional, dan sosial. Penelitian ini mengkaji tentang stimulasi kreativitas anak usia dini melalui teknik Ecoprint Permulaan efektif meningkatkan imajinasi, keterampilan motorik, dan apresiasi lingkungan, meski tantangan pendidikan konvensional menghambat optimalisasi kreativitas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen untuk menganalisis pengaruh teknik Ecoprint terhadap kreativitas anak usia 5–6 tahun di TK Mayong lor, Kecamatan Mayong, Kabupaten Jepara. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi-experimental dengan model pretest-posttest with control group design. Kelompok eksperimen menerima perlakuan berupa pembelajaran menggunakan teknik Ecoprint, sementara kelompok kontrol menggunakan metode pembelajaran konvensional. Analisis data dilakukan dengan membandingkan hasil pretest dan posttest menggunakan skor aspek kreativitas, yaitu kelancaran, fleksibilitas, orisinalitas, dan elaborasi. Prosedur penelitian meliputi tahap persiapan, pelaksanaan (perlakuan pada kelompok eksperimen), dan tahap akhir berupa analisis data. Hasil penelitian menyatakan bahwa Ecoprint efektif untuk meningkatkan kreativitas anak usia 5-6 tahun melalui eksplorasi alam, seni, dan pembelajaran berbasis lingkungan. Anak-anak mengembangkan keterampilan motorik halus, kemampuan berpikir kreatif, serta rasa cinta lingkungan. Pembelajaran ini melibatkan aspek kognitif, emosional, dan sosial.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ecoprint, kreativitas Anak Usia Dini |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Wahyun Indriani |
Date Deposited: | 30 Jul 2025 04:43 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 04:43 |
URI: | https://eprint.ivet.ac.id/id/eprint/102 |